KRI BANDA ACEH-593 BAWA PEMUDIK KEMBALI KE JAKARTA

Mitra TNI77 views

 

Semarang – koranprogresif.co.id, Fasilitas mudik gratis Hari Raya Idul Fitri 1445 H / 2024 M yang diselenggarakan oleh pimpinan TNI AL Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M. M.Tr. Opsla. untuk masyarakat umum menggunakan Kapal Perang Republik Indonesia Banda Aceh-593 (KRI BAC-593) saat ini sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Minggu (14/04/2024).

Kedatangan KRI BAC-593 dari Dermaga Madura Koarmada II Ujung Surabaya yang sandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang membawa pemudik dalam arus balik, disambut oleh Komandan Lanal Semarang Kolonel Laut (E) Joko Andriyanto, S.T., M.Tr., Hanla., M.A.P. bersama Stakeholder unsur Kemaritiman.

Program mudik gratis yang diselenggarakan TNI AL tahun 2024 dalam membantu program pemerintah mengurangi kemacetan dan resiko kecelakaan untuk mengutamakan zero accident dan disambut sangat positif oleh masyarakat ini bekerjasama dengan Kementrian Perhubungan, Baznas, Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

Arus balik pemudik menggunakan KRI BAC-593 dengan rute Surabaya – Semarang – Jakarta mengangkut jumlah pemudik sebanyak 799 orang dan sepeda motor 174 unit, terdiri dari pemudik berangkat dari Surabaya tujuan Jakarta sejumlah 329 orang pemudik dan 58 unit motor, sedangkan pemudik yang berangkat dari Semarang tujuan Jakarta sejumlah 470 orang pemudik dan 116 unit motor.

Pada moment tersebut Danlanal Semarang yang didampingi Dan KRI BAC-593 Kolonel Laut (P) Sulton M. Firdaus, M. Tr. Opsla. beserta Stakeholder unsur Kemaritiman berkesempatan untuk meninjau dan menyapa para pemudik yang ada di KRI BAC-593.

“TNI AL mengangkut para pemudik dalam arus balik dari Surabaya ke Semarang kemudian dari Semarang ke Jakarta, saya bersama Stakeholder unsur Kemaritiman bertemu dengan pemudik di KRI BAC-593 menyampaikan merasa nyaman dan aman selama mengikuti mudik gratis yang diselenggarakan oleh TNI AL dan harapannya kedepan agar TNI AL tetap mempertahankan adanya mudik gratis menggunakan KRI dengan ditambah rute lain seperti di luar Jawa”. Ujar Danlanal Semarang.

“Jumlah pemudik waktu berangkat kemarin memang jauh lebih banyak dibandingkan pada saat arus balik sekarang ini, kemungkinan karena faktor masyarakat masih ada yang dikampung halamannya. Untuk tahun depan mengenai mudik gratis kita menunggu perintah dari pimpinan TNI AL, namun melihat antusias dari masyarakat sekarang ini kemungkinan akan diselenggarakan kembali karena harapannya ini TNI AL lebih mendekatkan kepada masyarakat, tetapi semua itu keputusan dari pimpinan TNI AL, kita hanya menjalankan perintah”. Tutup Danlanal Semarang pada awak media.

(Red)

Berita Lainnya