KPU Jambi Jamin Distribusi Logistik Pemilu Selesai

Nusantara108 views

Jambi – koranprogresif.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi menargetkan hari ini, Selasa (13/2/2024), seluruh logistik pemilu sudah sampai di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Hingga 12 Februari, sudah ada 70% logistik pemilu yang terdistribusi. KPU Jambi memprioritaskan distribusi ke TPS terjauh di provinsi tersebut.

“Untuk pengiriman logistik ini pada umumnya aman ya. Karena kita bagi tiga kluster pengiriman logistik ini mulai tanggal 11, 12 dan 13 Februari. Kalau untuk kluster pertama 11 Februari itu kita berangkatkan di kecamatan atau desa yang paling jauh, kemudian 12 Februari hari kita berangkatkan logistik ke desa yang sedang jaraknya,” kata Ketua KPU Provinsi Jambi, Iron Sahroni, Senin (12/2/2024).

Sementara, pada 13 Februari itu logistik pemilu kembali didistribusikan lagi ke lokasi yang dekat dengan ibu kota, baik di kabupaten maupun kota di Jambi. Sejauh ini, kata Iron, dalam pengiriman logistik ada sejumlah kendala yang dihadapi petugas.

“Tetapi kendala itu sudah kita antisipasi ya, makanya kita pertama antar logistik itu di daerah terjauh, karena pertama masalah waktu kan, tentu kalau akses jauh itu pasti ada saja hambatannya, namun itu sudah kita antisipasi dan semua nya aman. Yang jelas nanti besok itu semua logistik sudah sampai semua di TPS,” ujar Iron.

Kendala yang dihadapi itu sudah diantisipasi KPU Jambi, termasuk cuaca. Solusinya yakni dengan mempercepat dan mendahulukan pengiriman logistik ke daerah-daerah rawan bencana tersebut.

“Makanya, kita sudah buat hitung-hitungan kajian dari Kabupaten/Kota jika keadaan normal bisa diberangkatkan dua hingga tiga jam, namun ketika hujan ketika jalan licin maka sudah diberangkatkan sehari sebelumnya,” kata dia.

Iron menjelaskan, selama pemilu di 14 Februari ini pihaknya pun sudah menyiapkan langkah mitigasi atas resiko yang dikhawatirkan terjadi, termasuk hujan. Tidak hanya soal logistik, semua TPS yang dinyatakan rawan terhadap hujan sudah diantisipasi yakni dengan menyiapkannya gedung sekolah ataupun gedung pemerintahan sebagai lokasi pengganti.

“Saat ini kami sudah menyiapkan langkah-langkah itu semua, yang pasti nanti tidak ada kendala bagi warga buat memilih meskipun hari hujan. Karena kami akan siapkan logistik tiba dengan baik, maka warga memilih di TPS pun juga harus aman, termasuk dari hujan,” tukasnya. (SOFYAN)

Berita Lainnya