Komandan Pangkalan TNI AL Batuporon menghadiri upacara peresmian Pangkalan TNI AL Pacitan

Mitra TNI170 views

Jawa Timur – koranprogresif.co.id, Komandan Pangkalan TNI AL Batuporon, Letkol Laut (P) Iman Ibnu Hajar, S.E., M.Tr.Opsla. menghadiri upacara peresmian Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Pacitan, yang terletak di Jl. Laksamana Malahayati No. 01, Desa Kembang, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Jawa Timur, tanggal 08 Nopember 2023 oleh Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Yayan Sofiyan, S.T., M.Si., CHRMP., M.Tr.Opsla.

Bersamaan dengan peresmian Lanal tersebut, Pangkoarmada II juga mengukuhkan Mayor Laut (P) Dainuri Syamsuddin, S.T. sebagai Komandan Lanal Pacitan yang pertama.

Peresmian Lanal Pacitan ini, merupakan implementasi perencanaan strategis TNI AL dalam membangun kekuatan Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) untuk mewujudkan TNI AL yang profesional, modern dan tangguh.

Pembentukan Lanal Pacitan bertujuan untuk mengembangkan kembali potensi maritim wilayah pesisir pantai, mendorong pemberdayaan nelayan melalui pengamanan laut dan pengawasan keamanan, serta membangun pertahanan laut yang dimulai dari masyarakat maritim.

Bersamaan dengan peresmian Lanal Pacitan,TNI AL melalui Diskes Lantamal V yang bekerjasama dengan Dinkes Kab. Pacitan juga menggelar bakti sosial dan bakti Kesehatan bagi Masyarakat Pacitan di Balai Desa Kembang Pacitan.

(Red)

Berita Lainnya