Komandan Lanal Bandung Pimpin Upacara Penutupan Diklatsar Saka Bahari Kota Bandung

Mitra TNI88 views

Bandung – koranprogresif.co.id, Komandan Lanal Bandung Kolonel Laut (KH/W) Dr. Renny Setiowati, S.T., M.Sc., M.Tr.Hanla., bertindak selaku Irup dalam Upacara Penutupan Diklatsar Saka Bahari Kota Bandung Angkatan IX Tahun 2023, bertempat di Mako Lanal Bandung, Jalan Aria Jipang No. 8 Kota Bandung, Minggu (03/12/2023).

Komandan Lanal Bandung selaku Ketua Majelis Pembimbing Saka Bahari Tingkat Provinsi Jawa Barat yang didampingi Paspotnar Lanal Bandung selaku Kapin Saka Bahari Kota Bandung menyampaikan ucapan selamat kepada kakak-kakak Anggota Saka Bahari yang telah dikukuhkan dan berharap dapat menjadi insan yang baik melalui Pramuka Saka Bahari. Selain itu, menyambut baik dan mengapresiasi upaya yang dilakukan jajaran Pinsaka Bahari, Pamong Saka dan Dewan Saka Bahari Kota Bandung dalam hal ini menjadi kepanitiaan kegiatan diklat ini untuk mengadakan koordinasi guna merumuskan, memetakan potensi, kekuatan, peluang serta tantangan yang dihadapi Saka Bahari di Kota Bandung.

“Tentu hal ini akan semakin memantapkan langkah dan kerja kedepan guna mendukung dan mensinergikan program-program yang ada baik di Lanal Bandung maupun Kwarcab Kota Bandung khususnya dalam pembinaan bagi generasi muda di bidang kebaharian,” ujarnya.

Diharapkan melalui Pramuka Saka Bahari, kita dapat berkontribusi nyata untuk membangun jiwa dan raga generasi muda yang kelak dapat menjadi SDM yang tangguh, berkualitas, memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi serta memiliki kesadaran sebagai bangsa maritim dan wawasan nusantara. Selain itu, potensi yang ada di daerah Kota Bandung menjadi yang bisa dikembangkan sebagai sarana pembinaan generasi muda untuk mengenal dan cinta bahari.

Lebih lanjut disampaikan bahwa dengan Diklat ini dapat meningkatkan mutu Satuan Karya Pramuka dengan pemberdayaan yang sistematis, terencana, dan berkelanjutan menggunakan beberapa strategi seperti menumbuhkan kelembagaan Pimpinan Saka Bahari di Kwartir Cabang Kota Bandung, menumbuhkan pangkalan Saka di Kwartir Cabang Kota Bandung sebagai wadah pembinaan generasi muda yang berminat di bidang kebaharian, mengoptimalkan peserta didik yang berada di sekolah/kemaritiman untuk menjadi penggerak Saka Bahari dan sekolahnya dapat dijadikan pangkalan Saka Bahari di tingkat Cabang, meningkatkan jumlah dan mutu peserta didik Saka, tenaga pendidik, dalam hal ini Instruktur dan Pamong Saka, mensinergikan dan meningkatkan kegiatan Saka, memperbaharui dan menginovasi kegiatan Saka, meningkatkan kegiatan Saka, dan sarana prasarana dengan berperan aktif dalam mengikuti kegiatan kepramukaan lainnya di tingkat daerah, regional dan nasional.

Diakhir amanatnya, Danlanal Bandung menyatakan bahwa tanpa kerjasama, sinergi, atau kolaborasi, maka segala potensi tidak akan berarti. Pramuka harus berinisiatif menggalang sebuah gerakan sosial “Manunggaling Pramuka dan Warga”, dengan melibatkan unsur potensial lain.

Akhirnya, dengan mengucapkan “Alhamdulillahirobbil Alamin”, secara resmi kegiatan perkemahan dan pengukuhan anggota Saka Bahari Kota Bandung Angkatan IX Tahun 2023, saya nyatakan ditutup. Marilah kita semua saling mendukung dan menguatkan untuk bekerja membangun generasi muda. Semoga upaya kita bersama ini menjadi amal ibadah dan senantiasa mendapatkan ridho Tuhan Yang Maha Kuasa.

((Red)

Berita Lainnya