Kolaborasi Koramil 0806/09 Tugu dan Polsek Tugu, Pengamanan Pawai Budaya Trenggalek

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Suasana semarak peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 begitu terasa di seluruh penjuru Nusantara, tak terkecuali di Kecamatan Tugu, Kabupaten Trenggalek. Dalam rangka memeriahkan momen bersejarah ini, Koramil 0806/09 Tugu bekerja sama dengan Polsek Tugu dengan tulus dan penuh semangat melaksanakan pengamanan pawai budaya yang diikuti oleh siswa-siswi dari berbagai sekolah menengah di wilayah tersebut, Kamis (24/8/2023).

Pawai budaya tingkat SMP/MTs/MA/SMK/MA yang diadakan sebagai bagian dari rangkaian perayaan kemerdekaan ini mampu menggugah semangat nasionalisme dan kebhinekaan. Kegiatan ini turut mengundang mata dan hati masyarakat untuk bersatu dalam merayakan keragaman budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Puluhan peserta dari berbagai sekolah di kecamatan Tugu berpartisipasi dengan mengenakan pakaian adat dan membawa atribut budaya yang mewakili identitas daerah masing-masing.

Salah satu hal yang membuat pawai budaya ini berlangsung dengan aman dan lancar adalah kerja sama erat antara Koramil 0806/09 Tugu dan Polsek Tugu. Sertu Dwianto, yang terlibat langsung dalam pengamanan kegiatan, menjelaskan pentingnya peran Koramil dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama perayaan kemerdekaan. Sebagai bagian dari satuan teritorial jajaran Kodim 0806/Trenggalek, Koramil 0806/09 Tugu memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan kelancaran dan keselamatan berbagai acara di bawah naungan wilayahnya.

“Kami sangat bangga dapat berkontribusi dalam pengamanan kegiatan pawai budaya ini,” kata Sertu Dwianto dengan penuh semangat.

“Ini adalah bentuk komitmen Koramil 0806/09 Tugu untuk menjaga kebersamaan dan memastikan semua acara meriah berjalan dengan tertib,” ungkapnya.

Tidak hanya berfokus pada aspek keamanan, kerja sama Koramil dan Polsek Tugu juga melibatkan upaya membangun ikatan sosial dengan masyarakat.

Dalam suasana keakraban, para anggota Koramil dan Polsek Tugu berbaur dengan warga sekitar, menciptakan hubungan yang positif dan harmonis antara TNI dan masyarakat sipil.

Dalam momen bersejarah ini, peran Koramil 0806/09 Tugu dan Polsek Tugu bukan hanya terbatas pada aspek teknis pengamanan. Mereka juga telah membantu membangun momentum kebersamaan dan kebanggaan akan identitas budaya, mengingat pesan-pesan patriotisme yang selalu relevan di setiap peringatan Hari Kemerdekaan.

Melalui kolaborasi yang kokoh, mereka telah memberikan kontribusi penting bagi kesuksesan pawai budaya dan peringatan kemerdekaan yang berjalan dengan meriah dan lancar.

Di tengah semangat kebangsaan dan persatuan yang mewarnai peringatan Hari Kemerdekaan RI ke-78, kerja sama Koramil 0806/09 Tugu dan Polsek Tugu, adalah contoh nyata betapa pentingnya kolaborasi lintas sektor untuk menciptakan perayaan yang bermakna dan mengesankan.

“Semoga semangat ini terus menggelorakan di setiap sudut tanah air, menginspirasi kita semua untuk terus merawat dan menghargai warisan budaya dan kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan gigih oleh para pahlawan kita,” pungkasnya. (Red).

Berita Lainnya