Koarmada RI Gelar Seminar Nasional Hari Armada Tahun 2023

Mitra TNI159 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, 17 November 2023. Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) menggelar Seminar Nasional Hari Armada Tahun 2023, yang dibuka oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksdya TNI Erwin S. Aldedharma mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di GOR O.B. Syaaf, Markas Komando (Mako) Koarmada RI, Jakarta Pusat, Jumat (17/11). Seminar nasional ini mengusung tema, “Koarmada RI Mendukung Kekuatan Laut Nusantara Terus Melaju Bersama Untuk Indonesia Maju”.

Pada kesempatan tersebut, Wakasal membacakan sambutan Kasal yang mengatakan bahwa seminar nasional ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Armada tahun 2023, yang akan diperingati pada 5 Desember mendatang. “Acara ini menjadi kesempatan bagi para pemangku kepentingan, baik dari pemerintah, akademisi dan komunitas masyarakat serta media kemaritiman, untuk memberikan sumbangsih pemikiran, solusi yang efektif dan efesien dalam mengatasi potensi ancaman dan masalah kemaritiman, sehingga dapat menjaga stabilitas keamanan nasional untuk Indonesia maju,” kata Kasal.

Sementara itu, seminar nasional yang berlangsung secara tatap muka dan daring ini, menghadirkan keynote speaker yaitu Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., C.S.F.A. yang diwakilkan oleh Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksda TNI Agus Hariadi, M.Han. Sedangkan sebagai pembicara dan moderator, diisi tiga orang pembicara yaitu pembicara pertama Plt. Asisten Deputi Keamanan dan Ketahanan Maritim, Deputi Bid. Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kemenko Marvest Dr. Adriani Kusumawardani. Pembicara kedua Koordinator Tim Ahli Sekretariat Nasional SDGs Kementrian PPN/Bappenas Yanuar Nugroho, Ph.D., dan sebagai pembicara ketiga Lektor Jurusan Hubungan Internasional, Fakultar Ilmu Sosial dan Politik Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta Dr. Nikolaus Loy, SIP., MA., serta Moderator Chaca Annissa, S.Sos., M.Si.

Pada paparan pembicara pertama memaparkan tentang Prioritas yang akan dicapai dalam membangun ekosistem industri maritim dengan melibatkan seluruh potensi kekuatan laut Nusantara dalam rangka mendukung Indonesia maju. Kemudian Pemapar kedua tentang Dampak kolaborasi penegakkan hukum di laut bagi dunia usaha dan investasi kemaritiman di Indonesia saat ini dan yang akan datang. Sedangkan pemapar ketiga tentang Peran media dalam collaborative governance unit guna mempersatukan seluruh potensi kekuatan maritim baik unsur pemerintah maupun non pemerintah dalam mewujudkan visi Indonesia maju. Kegiatan seminar yang berlangsung selama sehari ini ditutup oleh Kepala staf Koarmada RI Laksda TNI Didong Rio Duta mewakili Pangkoarmada RI Laksdya TNI Heru Kusmanto.

Kegiatan seminar yang merupakan rangkaian dalam rangka memperingati Hari armada tahun 2023 ini, terlaksana melalui kepanitiaan dengan Penasehat Laksda TNI Didong Rio Duta Purwo Kuntjoro, S.T., M.A.P., M.Tr.., Penanggung Jawab Laksma TNI I Gung Putu Alit Jaya, S.H., M.Si., dan Ketua Panitia Kolonel Laut (P) Dedi Rorna W., S.T., M.A.P.

(Red)

Berita Lainnya