Koarmada RI Gelar Latihan Pencarian dan Penyelamatan (SAR)

Mitra TNI95 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, 23 November 2023 Latihan Pencarian dan Penyelamatan (Search and Rescue/SAR) Laut Koarmada RI TA. 2023 merupakan Latihan yang dilaksanakan dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan kesiapsiagaan operasional unsur-unsur Koarmada RI dan keterpaduan antar instansi terkait serta menguji doktrin dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan (Search and Rescue /SAR) di laut.

Hal tersebut disampaikan oleh Komandan Koppeba Koarmada RI Laksamana Pertama TNI Yosua Dominggus Aipassa pada Upacara Pembukaan Latihan Pencarian dan Penyelamatan (Search and Recue/SAR) Laut Koarmada RI yang bertempat di Mako Koppeba Koarmada RI, Jl. Gunung Sahari, Jakarta Pusat hari Kamis, 23 November 2023.

Dengan dilaksanakannya latihan ini, diharapkan dapat tercipta pola pikir dan pola tindak sesuai aturan dan doktrin dalam melaksanakan mekansime pengambilan keputusan dalam rangka OMSP, terpeliharanya kemampuan personel satuan Koarmada RI dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan/SAR di laut, terbinanya kesiapan operasional unsur-unsur Koarmada RI dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan SAR di laut, terciptanya kerjasama yang baik dengan instansi terkait dalam melaksanakan tugas pencarian dan penyelamatan/SAR di laut serta tercapainya pola pikir dan pola tindak yang sama antar unsur SAR pada operasi pencarian dan penyelamatan/ SAR di laut.

Pada pelaksanaannya, usai upacara pembukaan latihan dilaksanakan beberapa pembekalan, yakni dari perwakilan Basarnas Jakarta Bapak Bagus, yang juga selaku instruktur latihan dengan materi tentang Searc and Rescue (SAR), selanjutnya dari tim kesehatan Dinas Kesehatan (Diskes) Koarmada RI tentang materi Bantuan Hidup Dasar dan pembekalan dari Satuan Udara (Satud) Koarmada RI tentang materi evakuasi medis udara.

Sesuai rencana, latihan ini akan dilaksanakan dari tanggal 23 November 2023 sampai dengan tanggal 12 Desember 2023 yang diikuti oleh 385 personel Prajurit Koarmada RI dari beberapa satuan antara lain Koppeba, Satuan Marinir, Satuan Udara, Koarmada I dan Lantamal III dengan melibatkan beberapa Alutsista seperti KRI, KAL, Patkamla, Sea rider perahu karet, Helly dan kendaran bermotor pendukung latihan.

Hadir pada upacara pembukaan ini, Dansatmar Koarmada RI Kolonel Marinir Budi Setyoko, Dansatud Koarmada RI Kolonel Laut (P) Batos Leksono, para Dir Koppeba, intruktur, pelatih, peserta dan tim Basarnas, serta yang mewakili.

(Red)

Berita Lainnya