KETUA KORCAB III DJA I HADIRI ACARA PELEPASAN PELAYARAN PRAKTIK KEMARITIMAN SMA HANG TUAH 1 JAKARTA

Mitra TNI65 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, Ketua Koordinator Cabang (Korcab) III Daerah Jalasenastri Armada (DJA) I Ny. Neneng Harry Indarto selaku anggota Pengawas Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah (YHT) menghadiri acara pemberangkatan pelayaran praktik kemaritiman Sekolah Menengah Atas (SMA) Hang Tuan 1 Jakarta dengan KRI Teluk Calang-524 oleh Ketua Pengawas Yayasan Hang Tuah (YHT) Ny. Ketty Erwin S. Aldedharma mewakili Ketua Pembina YHT Ny. Fera Muhammad Ali bertempat di Mako Kolinlamil Jl. Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (28/02/2024).

Ketua Pembina YHT dalam sambutannya yang dibacakan Ketua Pengawas YHT mengatakan “Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang kaya akan sumber daya kelautan, keanekaragaman hayati laut, keanekaragaman sosial dan budaya maritim, potensi pemuda serta memiliki sejarah kejayaan maritim masa lalu dan posisi strategis geopolitik dan geoekonomi. Oleh karena itu, Pembangunan yang berorientasi pada kebutuhan dan tantangan majunya bangsa Indonesia sebagai negara maritim. YHT yang berada di bawah naungan TNI Angkatan Laut memiliki pelajaran wajib yaitu kemaritiman yang dipelajari oleh seluruh siswa Hang Tuah sesuai dengan visi misi YHT. Praktek kemaritiman ini dapat meliputi seluruh ranah tumbuh kembang siswa. Pertama secara kognitif, seluruh siswa Hang Tuah belajar tentang sumber daya alam laut beserta kebermanfaatannya baik sumber hayati dan non hayati dalam membangun bangsa dan negara. Kedua secara afeksi, seluruh siswa Hang Tuah diharapkan akan mampu memiliki kompetensi, berjiwa dan berkarakter bahari. Ketiga secara psikomotorik, siswa Hang Tuah diharapkan mampu mempelajari olahraga air dan pariwisata bahari serta dapat berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan”.

Sebelum mengakhiri sambutannya Ketua Pembina YHT menjelaskan “Melalui praktik kemaritiman ini siswa Hang Tuah dapat mengaplikasikan secara langsung materi yang telah didapat di kelas sehingga memiliki pengalaman berlayar dengan Kapal Republik Indonesia (KRI) milik TNI Angkatan Laut. Praktik kemaritiman ini diikuti sebanyak 607 orang yang terdiri dari pendukung dari Seskoal sebanyak 15 orang, siswa SMA Hang Tuah 1 Jakarta sebanyak 501 orang, guru dan karyawan SMA Hang Tuah 1 Jakarta sebanyak 52 orang, Pengurus Komite SMA Hang Tuah 1 Jakarta sebanyak 4 orang, siswa SMP dan SMA undangan beserta pendamping sebanyak 11 orang, dan anggota Pengurus Pusat YHT sebanyak 24 orang”.

(Red)

Berita Lainnya