KETUA DPRD DORONG PGSI BERIKAN TRAUMA HEALING DAN DINAS TERKAIT, FASILITASI DOKUMEN WARGA TERDAMPAK BANJIR YANG HILANG

Nusantara131 views

Demak – koranprogresif.co.id – Tim Kemanusiaan PGSI Demak bersama TNI Kodim Demak melaksanakan giat peduli kemanusiaan kepada warga dibeberapa Desa Kecamatan Karangtengah yang terdampak banjir selama lebih dari satu minggu.

Giat Kemanusiaan PGSI bersama TNI berupa pemberian bantuan sembako, selimut, perlengkapan mandi dan obat- obatan serta trauma healing (red-Pemulihan Trauma). Salah satunya dilaksanakan di Desa Wonorejo, Kec. Karanganyar, Minggu (18/2/2024).

Ketua DPRD Kabupaten Demak, Fahrudin Bisri Slamet yang juga pembina PGSI mendorong, agar tim kemanusiaan PGSI tak henti-hentinya terus bergerak berikan bantuan.

“Alhamdulillah, PGSI selalu hadir lakukan giat kemanusiaan dengan memberikan bantuan apa saja, mulai sembako, obat obatan, selimut dll,” kata FBS panggilan akrab ketua DPRD.

“Tak kalah penting adalah pemberian trauma healing atau pemulihan trauma bagi warga, terutama anak-anak, karena selama seminggu lebih mereka di pengungsian, di khawatirkan secara psikologi mengalami trauma. Untuk itu, perlu dikuatkan agar tetap tegar dan sabar menghadapi musibah ini,” terang FBS.

FBS juga meminta kepada dinas dan instansi terkait, agar nantinya pasca banjir, bisa memfasilitasi pembuatan dokumen kewarganegaraan yang hilang atau rusak akibat bencana banjir, seperti KK, KTP, Sertifikat tanah, BPKB, buku nikah hingga Ijazah.

“Saya berharap instansi terkait dibawah koordinasi pemkab Demak, bisa segera memfasilitasi pengadaan dokumen penting milik warga yang hilang atau rusak dengan cara jemput bola ke Desa- desa,” pinta FBS.

“Fasilitasi jemput bola ini bisa dilaksanakan secara bersama oleh Dindukcapil untuk KTP dan KK, oleh Kemenag untuk surat keterangan Ijazah dan oleh BPN Kabupaten Demak untuk keterangan Sertifikat tanah, juga oleh Polres untuk surat duplikat BPKB, sehingga warga yang sudah susah karena diterpa banjir, tidak harus wira- wiri ke beberapa instansi guna mengurus dokumen penting yang rusak,” pungkas FBS.

*UCAPAN TERIMAKASIH WARGA*

Salah satu pengungsi, Mbah Ngateni (85 tahun) menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim kemanusiaan PGSI dan TNI Kodim Demak.

“Maturnuwun Pak Guru PGSI dan Pak Tentara sampun maringi bantuan dan ngantar seking pengungsian kerumah putro kulo Wonorejo, mugi-mugi berkah njih,” tutur Mbah Ngateni sambil menitikkan air mata.

Sementara itu, Noor Salim, Ketua PGSI Demak menyampaikan bahwa giat kemanusiaan telah dilakukan selama seminggu lebih di beberapa titik banjir. Mulai Desa Unda’an, Cangkring, Wonoketingal hingga Desa Wonorejo.

“Bantuan yang dihimpun dari berbagai donatur, dibelanjakan berupa ratusan paket sembako, selimut, handuk dan peralatan mandi, pampers balita, hingga obat obatan. Alhamdulillah semua telah kami salurkan tepat sasaran dan tepat waktu,” tutur Salim.

“Mewakili penerima, saya sampai terimakasih kepada para donatur yang telah tergerak hati untuk mengulurkan tangan bersama- sama meringankan saudara saudara kita yang sedang kena musibah banjir,” pungkas ketua PGSI. (Red).

Berita Lainnya