Kesebelasan U 20 Israel, Sikap Ganjar

Opini1,692 views

Oleh: Viktor E Simanjuntak, Ketua Penasehat DPP DGP (DulurGanjarPranowo)

Jakarta – koranprogresif.co.id – Ganjar Pranowo bersikap menolak Timnas Israel U-20 bermain di Indonesia, sebelumnya, Gubernur Bali, Wayan Koster telah menyatakan menolak.

Pecinta bola Indonesia banyak yang kecewa, bersama sebagian masyarakat menyerang Ganjar, bahkan pendukung Ganjar ada yang menyatakan akan memgalihkan dukungannya, semua itu terjadi kerana mereka menganggap pernyataan Ganjar tidak bermutu, tidak rasional, hanya di gunakan utk pencitraan di medsos.

“Memang isu penolakan Timnas Israel di Piala Dunia U-20 Indonesia bagaikan buah simalakama, karena jika mendukung di cap kadrun, resikonya akan dibenci kaum nasionalis, jika tidak mendukung dibenci kaum agamis, itulah mengapa berbagai pihak  memilih diam, seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan calon presiden lainnya, apakah karena mereka takut menjadi target serangan?,” papar Viktor S.

Mengapa Ganjar memilih bersikap seperti itu dengan resiko mendapat serangan?

“Bagi mereka yang memahami situasi politik di Indonesia, pastilah memahami sikap Ganjar, bahkan merasa salut, karena mereka dapat melihat ada sesuatu yang urgen yang harus di cermati, yaitu isu keamanan nasional,” lanjutnya.

Dikatakan, Intelejen telah memperkirakan tentang adanya kelompok tertentu yang merencanakan suatu skenario jahat untuk memicu kerusuhan nasional dengan memanfaatkan sentimen agama dikaitkan dengan konflik Israel-Palestina, mereka akan demo anarkhis dan menggeruduk bandara dalam menyambut Timnas Israel di Indonesia, target demo adalah terjadinya kerusuhan Nasional, gagalnya pelaksanaan Piala Dunia U 20, bahkan menggagalkan pemilu 2024. Katanya.

Ganjar sangat cerdik membaca situasi yang berkembang itu, sebagai seorang negarawan yang juga memiliki masa pendukung yang besar, terpanggil untuk berbuat dalam rangka mencegah rencana jahat itu, dengan menyatakan penolakan terhadap kedatangan kesebelasan Israel U 20, namun tidak memanfaatkan isu agama, tetapi dengan alasan isu kontitusi dan kehormatan bangsa.

Ada dua hal penting atas sikap Ganjar di tengah isu Israel-Palestina ini :

1. Dengan hanya sekedar calon Presiden, Ganjar berani bersikap tegas terhadap Israel dengan alasan konstitusi, apakah Capres lainnya berani bersikap ?

2. Sikap Ganjar sangat strategis utk menghadang agenda kelompok tertentu utk membuat rusuh nasional dengan memanfaatkan sentimen agama dikaitkan dengan konflik Israel-Palestina.

Sikap Ganjar ini menjadi batu sandungan bagi kelompok perusuh, sebab jika mereka masih tetap melakukan kerusuhan, berarti mereka mendukung Ganjar, tentu ini membuat nama Ganjar akan melejit setinggi langit, itu berlawanan dengan tujuan mereka.

Tetapi bukan hanya itu, sikap Ganjar ini juga akan melindungi pemerintahan Jokowi dari skenario kaum perusuh, karena mereka pasti akan mengurungkan niatnya yang berdampak mengangkat nama Ganjar, dengan demikian situasi politik dan keamanan akan terkendali. Hidup Ganjar Pranowo

Merdeka, Merdeka, Merdeka!. ****

Berita Lainnya