Keren, Bambang Sutrisno Ajak Mahasantri, Guru, Dosen, Kiai, Ojol, Nelayan, Petani jadi Agen 4 Pilar Kebangsaan

Nusantara, Sosbud208 views

Demak – koranprogresif.co.id – “Mari terus jaga keberagaman tanpa memaksakan keseragaman, karena keberagaman bukan untuk dipertentangkan apalagi diadu antara satu dengan yang lain sehingga berakibat terpecah belah. Untuk itu maka, Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika harus dapat menjadi penyemangat terwujudnya persatuan dan kesatuan bangsa yang berkarakter”, itulah pengantar yang disampaikan oleh Ir. H. Bambang Sutrisno, MM, Anggota DPD RI, MPR RI, Ketua BAP (Badan Akuntabilitas Publik) DPD RI, mengawali Sosialisasi 4 PILAR KEBANGSAAN MPR RI di Kabupaten Demak, bertempat di Meeting Room Smart Resto, Sabtu (16 April 2022).

Acara yang mengambil tema “Revitalisasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Untuk Pembangunan Karakter Bangsa”, terselenggara atas kerjasama dengan PGSI (Persatuan Guru Seluruh Indonesia) Kabupaten Demak sebagai PIC (Person In Charge), dihadiri seratusan peserta dari beragam elemen masyarakat, mulai Mahasantri (Mahasiswa & Santri), Guru, Dosen, Kiyai pengasuh Pesantren, Ojek Online, Nelayan, Petambak, Petani hingga Pedagang serta beberapa perwakilan Organisasi Profesi Guru (IGRA, FKKSS, FKPKBM, FKPONTREN, PGIN).

Lebih lanjut, Bambang Sutrisno menyampaikan, 4 Pilar Kebangsaan adalah tiang penyangga yang kokoh (soko guru) agar rakyat Indonesia merasa nyaman, aman, tenteram dalam menjalani kehidupan berbangsa – bernegara, jelas Bambang.

Untuk mewujudkan hal tersebut, maka ia mengajak semua peserta menjadi agen 4 Pilar Kebangsaan bagi komunitas dan lingkungan sekitar.

Terkait persoalan kepastian status kesejahteraan guru swasta, dalam sesi diskusi, Bambang Sutrisno menandaskan bahwa, masalah tunggaan Inpassing dan persoalan P3K telah disampaikan kepada kementerian Agama dan Kemendikbudristek dalam rapat koordinasi dengan DPD RI.

Adapun persoalan Nelayan dan Petani akan diteruskan ke komite 2 DPD RI.

Selesai menyampaikan Sambutan dan Paparan, Bambang Sutrisno membagikan 100 Paket Bingkisan Lebaran kepada peserta.

Sesi-2 Paparan 4 Pilar Kebangsaan disampaikan oleh Dr. Drs. Sugiaryo, SH, M.Pd, MH, Dosen dari UNISRI Surakarta.

*PGSI APRESIASI, SIAP JADI AGEN 4 PILAR MPR RI*

Dalam laporannya, Ketua PGSI Kabupaten Demak, Noor Salim, S.Pd.I menyampaikan terimakasih dan apresiasinya.

“Atas nama PGSI Kabupaten Demak yang beranggotakan 27.500 guru swasta, menghaturkan Maturnuwun dan Apresiasi atas kepercayaan yang diberikan oleh Bapak Bambang Sutrisno kepada PGSI Demak, untuk melaksanakan giat Sosialisasi 4 PILAR MPR RI,” kata Salim.

Peserta giat sengaja saya ambilkan dari beragam elemen masyarakat, sesuai semangat dari 4 pilar kebangsaan yaitu Bersatu dalam Keberagaman, tambahnya.

Selanjutnya, Insya Allah para peserta siap membumikan dan menjadi agen 4 Pilar Kebangsaan diwilayah kabupaten Demak.

Namun karena luasnya wilayah Kabupaten Demak, kami berharap agar tahun depan bisa dijadwalkan lagi, dengan sasaran yang berbeda.

“Agar semua kalangan dapat tersosialisasi dengan baik, maka tahun depan berharap dijadwalkan lagi Sosialisasi 4 pilar khusus kalangan Pelajar (SLTP dan SLTA) dan pengurus OSIS, supaya ada Agen 4 pilar kebangsaan dari pelajar,” pungkas Salim.

Acara Sosialisasi 4 PILAR MPR RI yang dimulai pukul 14.00 berakhir hingga jelang Maghrib, dilanjut berbuka dengan tetap menjaga Prokes ketat. (Red).

Berita Lainnya