Kejari Kapuas Sosialisasi Penerangan Hukum di Kecamatan Kapuas Kuala

Hukrim, Nusantara149 views

Kuala Kapuas – koranprogresif.co.id – Sebagai bentuk upaya preventif pencegahan tindak pidana korupsi khususnya dalam pengelolaan anggaran baik ditingkat Kecamatan maupun di Tingkat Pemerintah Desa, Kajari Kapuas, Arif Raharjo, SH, MH didampingi Kasi Pidsus dan Kasi Datun melakukan kegiatan Penerangan Hukum bagi Aparatur Pemerintah Kecamatan dan Desa se Kecamatan Kapuas Kuala,yang dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Kapuas Kuala, Selasa (22/3).

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Kepala Desa, Ketua BPD se-Kecamatan Kapuas dan juga diikuti oleh para Kepala OPD, tokoh masyarakat dan tokoh agama lingkup Kecamatan Kapuas Kuala.

Tampak juga hadir pada kesempatan itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Kapuas, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, BPN Kapuas serta unsur Tripika Kecamatan Kapuas Kuala.

Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas, Arif Raharjo, SH, SH dalam sambutannya menegaskan bahwa, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kesadaran hukum kepada para penyelenggara Negara sampai ke tingkat paling bawah yaitu para Kepala Desa berkaitan dengan pengelolaan keuangan Negara dan juga yang tidak kalah penting adalah sebagai upaya freventif pencegahan tindak pidana korupsi.

“Dengan kegiatan tersebut diharapkan para Kepala Desa dalam pelaksanaan tugasnya tidak menyimpang dari ketentuan dan peraturan perundang undangan yang berlaku,” ungkapnya.

Usai sambutan Kajari, kemudian dilanjutkan dengan penerangan hukum oleh Kasi Pidsus dan Kasi Datun.

Sementara itu, Kepala Inspektotar Kabupaten Kapuas, Heribowo dalam kesempatan itu memberikan materi yang berkaitan dengan pertanggung jawaban pelaksanaan penggunaan anggaran ADD dan DD secara baik dan benar sesuai dengan ketentuan yang berlaku, dengan demikian diharapkan para Kepala Desa terhindar dari jerat hukum.

Masih ditempat yang sama, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas, Yan Marto menekankan kepada para Kepala Desa, agar dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya selalu memperhatikan dan berpedoman dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku, tertib administrasi, tertib dalam pelaksanaan program dan tertib dalam pertanggungjawaban keuangan.

Disamping itu juga, dia menekankan kepada para Pj Kepala desa agar dalam pelaksanaan Pilkades serentak 2022 benar benar memperhatikan regulasi yang ada.

“Lakukan sinergitas dan kerja sama yang baik dengan semua unsur yang ada sehingga pelaksanaan kegiatan Pilkades serentak dapat terlaksana dan berjalan dengan baik dan lancar,” pintanya.

Camat Kapuas Kuala, Inop dalam kesempatan itu, menyampaikan terima kasih kepada Kajari Kapuas dan Jajaran, Kepala Inspektorat, Kepala DPMD Kabupaten Kapuas serta BPN Kabupaten Kapuas yang sudah berkenan memberikan sosialisasi dan penerangan hukum berkaitan dengan tugas fungsi serta tanggung jawab Aparatur Kecamatan dan Desa se Kecamatan Kapuas Kuala.

”Saya berharap semoga kegiatan ini tidak berakhir disini saja tetapi kedepan dapat ditindak lanjuti dengan membangun komunikasi dalam hal adanya kendala dan persoalan dalam pelaksanaan tugas aparatur Kecamatan dan Desa,” pungkasnya. (Tatang Progresif).

Berita Lainnya