Kasal Pimpin “Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala-402” Di Surabaya

Mitra TNI57 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Dalam rangka memperingati tiga tahun gugurnya 53 personel terbaik TNI Angkatan Laut (TNI AL) KRI Nanggala-402, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali didampingi Ketua Umum Jalasenastri, Ny. Fera Muhammad Ali memimpin acara yang bertajuk “Commemoration The Service And Sacrifice Of Crew KRI Nanggala-402” di Monumen KRI Nanggala-402 Ujung Koarmada II Surabaya, Jawa Timur, Minggu (21/04).

Acara ini turut mengundang pimpinan Angkatan Laut negara sahabat antara lain, Kasal Australia, VADM Mark Hammond, Kasal Korea Selatan yang diwakili Superintendent of ROK Naval Academy, RADM Lee Su-Youl, Kasal Malaysia, Admiral Tan Sri Abdul Rahman bin Ayub dan Kasal Vietnam yang diwakil Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Vietnam, RADM Nguyen Dihn Hung.

Kegiatan diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin oleh pemimpin acara, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga oleh Kasal bersama para pimpinan Angkatan Laut megara sahabat, dan diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan.

Dihadapan awak media, Kasal didampingi para pimpinan Angkatan Laut negara sahabat menyampaikan ucapan terima kasih atas bergabungnya negara-negara sahabat dalam memperingati Hari Bakti Hiu Kencana dan menghormati para arwah dari pengawak KRI Nanggala-402.

“Ini merupakan wujud dari kebersamaan dan dari persahabatan negara-negara sahabat yang juga berkontribusi dalam menolong atau melaksanakan evakuasi terhadap peristiwa terjadi pada tanggal 21 April 2021,” pungkas Kasal.

KRI Nanggala-402 merupakan kapal selam Type 209/1300 yang dipesan oleh pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 2 April 1977 dari Jerman yang diluncurkan pada 10 September 1980. Peresmian penggunaannya dilakukan oleh Menteri Pertahanan Keamanan/Panglima Angkatan Bersenjata saat itu yaitu Jenderal TNI Mohammad Jusuf pada tanggal 21 Oktober 1981 di Dermaga Ujung Surabaya.

Pada tahun 2021 dalam sebuah operasi, KRI Nanggala-402 dinyatakan patroli abadi (On Eternal Patrol) di perairan Laut Bali dalam melaksanakan tugas negara.

Selama pengabdiannya di TNI AL, KRI Nanggala-402 telah melaksanakan berbagai operasi dalam menjaga kedaulatan NKRI. (Red).

Berita Lainnya