Kasal Dampingi Panglima TNI dan Kapolri, Pastikan Kesiapan Personel Pengamanan Pemilu 2024

Jakarta – koranprogresif.co.id – Guna meningkatkan keamanan dan kesiapsiagaan saat pelaksanaan Pemilu 2024, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali hadir dalam Apel Siaga Kesiapan Pengamanan Pemilu 2024, bersama Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E, M.Si dan Kapolri, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Rabu (14/02).

Kegiatan Apel Pengamanan Pemilu diikuti sekitar 1.500 personel gabungan TNI-Polri yang secara keseluruhan melibatkan tiga matra TNI-Polri dengan total 260.000 personel dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Di hadapan awak media, Panglima TNI menyampaikan bahwa, TNI mengerahkan 90 ribu prajurit di seluruh Indonesia. Tercatat di Jakarta mengerahkan 10 ribu (personel), yang tersebar di TPS-TPS, dan sebagian standby force. Sampai saat ini pengerahan prajurit TNI untuk pengamanan Pemilu secara umum berjalan cukup lancar.

“Tadi malam kita sudah patroli bersama, dan alhamdulillah aman. Hanya ada beberapa TPS yang susulan seperti di Demak dan wilayah Indonesia yang terkena bencana. Jadi nanti akan dilaksanakan pencoblosan susulan ataupun relokasi wilayah. Kita harapkan pencoblosan hari ini berjalan dengan lancar dan aman, tentunya didukung oleh seluruh masyarakat Indonesia juga,” pungkas Panglima TNI.

Apel Kesiapan Pasukan Pengamanan Pemilu 2024 juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc. dan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P, CSFA.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemantauan langsung ke Posko Pengamanan Pemilu 2024 guna memastikan pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Sejumlah kekuatan telah dilibatkan oleh TNI AL dalam menyukseskan pesta demokrasi tersebut, tercatat disejumlah wilayah TNI AL telah mengerahkan personel maupun unsurnya untuk mendukung Pemilu 2024.

Sebanyak Satu Satuan Setingkat Batalyon (SSY) dari Pasmar 1 Jakarta telah di BKO ke jajaran Mabes TNI atas instruksi Panglima TNI. Selain itu sejumlah Pangkalan TNI AL (Lanal) di sejumlah kota seperti Lanal Cilacap, Lanal Tegal, dan Lanal Semarang tergabung dalam satuan tugas pengamanan Pemilu yang di BKO ke Kodam IV/ Diponegoro.

Bukan hanya melibatkan pasukan dalam pengamanan Pemilu 2024, melainkan TNI AL juga mendukung sejumlah unsur-unsur lainnya antara lain KRI, KAL, dan Patkamla guna pendistribusian logistik serta petugas penyelenggara Pemilu ke sejumlah wilayah di tanah air yang tidak terjangkau melalui akses darat maupun udara. (Red).

Berita Lainnya