Kajari Kapuas Peduli Pendidikan Bersama Jajaran, Masuk Sekolah SMKN 3 Berikan Penyuluhan Hukum

Nusantara111 views

Kalteng – koranprogresif.co.id – Kepala kejaksaan Negeri Kapuas, Luthcas Rohman, SH, MH bersama jajaran bertandang ke SMKN 3 guna memberikan Penyuluhan Hukum bagi siswa-siswi pelajar disekolah tersebut.

Sebelum kegiatan berlangsung, Kepala kejaksaan Negeri Pimpin Apel Upacara Bendera di SMKN 3 didampingi Kepala Seksi lntelijen Kejaksaan, Dr. Amir Giri Muryawan, Kepala Seksi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan, Siswanto, SH, Jaksa Fungsional Michael Stefanus Sumbolon, S.H dan beberapa staf bidang lntelijen, staf Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan beserta seluruh guru dan murid SMKN 3, Senin (22/4/2024).

Usai kegiatan dilaksanakannya Upacara Apel Bendera dilanjudkan dengan secara simbolis dihalaman sekolah SMKN 3 penyerahan hibah barang temuan (R2) berupa 4 buah sepeda motor oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas, Luthcas Rohman, S.H, M.H kepada kepala sekolah SMKN 3, Agus Wahyono S.Pd, M.Pd.

Upacara apel bendera dan penyerahan secara simbolis, kegiatan kembali dilanjudkan dengan Penyuluhan Hukum Jaksa Masuk Sekolah menempati Aula SMKN 3 sebagai wadah dalam memberikan paparan pemahaman tentang hukum dipimpin langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kapuas, Luthcas Rohman, S.H, M.H didampingi mantan Kepala Cabang Kejaksaan Dipalingkau yang kini menjabat sebagai jabatan strategi Kepala Seksi lntelijen pada Kejaksaan Negeri Kapuas, Dr. Amir Giri Muryawan, S.H, M.H, Kepala Sekolah SMKN 3, Agus Wahyono, S.Pd, M.Pd dan Dewan Guru beserta sebanyak 73 siswa-siswi Kelas Xll.

Bertindak sebagai Narasumber Jaksa Fungsional Michael Stefanus Simbolon, S.H yang akan menyampaikan materi mengenai Sosialisasi “Mencegah kenakalan remaja sejak dini, ciptakan remaja yang taat hukum”.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, pembacaan Do’a dilanjut dengan sambutan dari kepala sekolah dan sambutan dari Kepala Kejaksaan Luthcas, S.H, M.H yang kemudian pemberian materi penyuluhan Hukum oleh narasumber dilanjud dengan sesi tanya jawab para peserta, yang aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan diberikan hadiah menarik berupa souvenir dari Tim JMS Kejari Kapuas.

Dalam kesempatan ini, Mantan Kepala Cabang Kejaksaan yang akrab dengan para awak media di Kapuas menambahkan, kegiatan pada hari ini penyerahan hibah barang temuan R2 berupa 4 buah sepeda motor oleh kejaksaan kepada SMKN 3 adalah bentuk nyata kepedulian kejaksaan RI untuk membantu meningkatkan mutu Pendidikan dan juga skill/keahlian bagi siswa-siswi, khususnya jurusan otomotif untuk dapat praktek secara langsung dan diharapkan siswasiswi tersebut bisa dapat lebih berkembang lagi, tandasnya.

Kemudian untuk materi penyuluhan hukum yang disampaikan pada Jaksa Masuk Sekolah kali ini telah sesuai dengan Rencana Aksi Nasional (RAN) lnstruksi Jaksa Agung Republik Indonedia Nomor 3 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika Tahun 2020-2024 (P4GN).

Bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin dan wajib dilaksanakan oleh jajaran Kejaksaan RI diseluruh lndonesia, tujuannya supaya dapat memberikan penyuluhan hukum kepada orang yang belum tahu tentang hukum, agar mengetahui hukum dan mengenal hukum serta bisa menjauhi hukuman.

Hal ini merupakan salah satu bentuk langkah strategi Kejaksaan Rl dalam mewujudkan revolusi Karakter bangsa, guna menumbuhkan kesadaran hukum bagi pelajar yang memang seharusnya mendapat pengetahuan hukum sejak dini. (Tatang Progresif).

Berita Lainnya