Jelang Perayaan Natura, Kodim 0801/Pacitan Ikuti Rakor Eksternal Ops Lilin Semeru Bersama Polres Pacitan

Pacitan – koranprogresif.co.id – Dalam rangka menghadapi perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Polres Pacitan menggelar Rakor Ekternal Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Semeru 2023.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pacitan, AKBP Wildan Alberd, S.I.K, yang berlangsung di Gedung Graha Bhayangkara Wicaksana Lakhawa Mapolres Jl. Ahmad Yani No 60, Pacitan, Jum’at (08/12/1023).

Selain diikuti TNI Polri, Rakor tersebut juga melibatkan jajaran Forkopimda, Ketua DPRD, Ketua Pengadilan, Dishub, BPBD, serta pemangku kepentingan yang ada di Pacitan.

Dalam sambutannya, Kapolres menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua steakholder dan mengungkapkan bahwa, Rakor ini digelar guna menunjang kesiapan para personil dalam melakukan pengamanan melalui Operasi Lilin Semeru 2023 di wilayah hukum Pacitan.

‚ÄĚPengamanan kita lakukan untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat selama perayaan Natal 2023 maupun Tahun Baru 2024, sehingga umat kristiani dapat beribadah dengan aman,” ujarnya saat pimpin Rakor.

Ditambahkan, untuk mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas nantinya juga akan mendirikan pos pelayanan dan pos pengamanan di titik-titik yang menjadi pusat mobilitas masyarakat seperti Alun-Alun, Terminal, Pasar, pusat perbelanjaan, disamping juga sarana tempat ibadah umat Kristiani.

“Selain melakukan patroli secara mobile ke Gereja-Gereja, kita juga akan menempatkan personil gabungan antara TNI, Polri dan Instansi lainnya di titik-titik rawan, guna mengantisipasi peningkatan arus lalu lintas, menjaga potensi gangguan kamtibmas seperti halnya kriminalitas, pelaku miras/narkoba hingga terorisme,” terangnya.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P, berkomitmen siap mendukung pengamanan serta membantu pihak Kepolisian maupun Instansi lainya dalam mewujudkan situasi di wilayah Pacitan aman dan kondusif.

“Laksanakan tugas pokok dengan penuh rasa tanggung jawab. Kepada para personil nantinya agar tidak bersikap arogan, guna menghindari kesalahpahaman di lapangan, kemudian setiap ada hal menonjol segera laporkan ke komando atas,” tegasnya secara terpisah. (Red).

Berita Lainnya