Jaga Lingkungan, Kodim Tulungagung Gelar Karya Bakti Bersihkan Sungai dan Pasar

Tulungagung – koranprogresif.co.id – Dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika tahun 2023 dan sebagai upaya antisipasi terhadap potensi banjir dan wabah penyakit, Kodim 0807 Tulungagung menggelar kegiatan karya bakti yang diikuti oleh puluhan orang dari berbagai elemen masyarakat. Kegiatan ini melibatkan unsur TNI, Polri, Pemda, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Damkar, Satpol PP, serta warga masyarakat, Kamis (07/12/2023).

Pasiter Kodim 0807 Tulungagung, Kapten Inf Anjar menjelaskan bahwa, kegiatan ini bukan hanya bertujuan untuk mengembalikan fungsi sungai agar normal kembali, tetapi juga sebagai dukungan nyata kepada Pemerintah Daerah dalam upaya mitigasi bencana banjir. Selain itu, kegiatan ini juga diarahkan untuk menjaga kebersihan pasar tradisional.

“Dengan membersihkan sungai, kita tidak hanya mengembalikan fungsi alaminya, tetapi juga membantu mengurangi potensi terjadinya banjir. Pembersihan pasar tradisional juga merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan lingkungan sekitar,” ujar Kapten Inf Anjar.

Kegiatan karya bakti ini, juga menjadi bentuk kepedulian TNI terhadap lingkungan, khususnya dalam menyambut Hari Juang Kartika tahun 2023. TNI bersama dengan berbagai instansi terkait dan warga masyarakat menyatukan tenaga dan upaya untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Warga masyarakat yang ikut serta dalam kegiatan ini, mengungkapkan rasa terima kasih atas terselenggaranya karya bakti dan merasa bangga dapat turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan. “Terima kasih kepada tiga pilar atas terselenggaranya kegiatan karya bakti di Kelurahan Kampungdalem. Ini adalah bentuk kebersamaan kita untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik. Semoga kegiatan seperti ini dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya,” ujar Miswanto, Ketua RW setempat. (Red).

Berita Lainnya