Jaga Kelestarian Lingkungan, Polres Demak Bersihkan Sampah Di Pantai Glagah Wangi

Demak – koranprogresif.co.id – Polres Demak, Jawa Tengah, mengajak masyarakat di Kabupaten Demak untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah secara sembarangan.

Dalam rangka memberikan contoh kepada masyarakat agar turut menjaga kebersihan pantai, Polres Demak bersama masyarakat menggelar gerakan bersih-bersih di Pantai Glagah Wangi Istambul, Desa Tambak Bulusan, Kecamatan Karangtengah, Kamis (13/7/2023).

Kapolres Demak, AKBP Muhammad Purbaya mengatakan, kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan program Polri peduli lingkungan dengan membersihkan sampah secara serentak di wilayah Indonesia.

“Polri hari ini melaksanakan kegiatan bersih-bersih sampah secara serentak. Gerakan bersih-bersih sampah yang kami lakukan ini, diharapkan bisa berlanjut, sehingga menjadi langkah nyata secara berkesinambungan,”┬ákata AKBP Purbaya.

Jangan sampai, lanjut Purbaya, pantai yang sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu destinasi wisata laut di Kabupaten Demak tercoreng gara-gara kebersihannya tidak terjaga, menyusul banyaknya sampah berserakan.

Apalagi, dari sisi ekonomi laut bisa menjadi penopang mata pencaharian masyarakat dan ketika dikelola dengan benar tentu bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Wisatawan juga senang berkunjung, bahkan jangka panjang bisa meningkat karena pantainya terjaga kebersihannya,” ujarnya.

Purbaya menambahkan, seluruh Polsek jajaran juga melakukan bersih-bersih sampah di tempat fasilitas umum seperti pasar, masjid dan obyek vital lainnya.

“Bersih-bersih sampah di tempat umum, apalagi tempat ibadah ini, merupakan bentuk lain interaksi agar polisi lebih dekat dengan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara, Fauzi Haryanto (47), anggota Bumdes Pantai Glagah Wangi Istambul mengapresiasi adanya gerakan bersih-bersih sampah di pantai, sekaligus untuk mengingatkan kembali pentingnya menjaga lingkungan sekitar demi kepentingan bersama.

“Nantinya semua masyarakat juga akan menikmati hasilnya, ketika kebersihan pantai terus terjaga bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Sehingga akan mendongkrak roda perekonomian masyarakat,” ujarnya. (Red/Munthohar/Ershi).

Berita Lainnya