HUT Korp Brimob Ke-78 dan Polairud Ke-73, Kodim 0801/Pacitan Partisipasi Tanam Mangrove Di Pesisir Pantai

Pacitan – koranprogresif.co.id – Kodim 0801/Pacitan turut berpartisipasi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup di wilayah pesisir dengan melakukan penanaman pohon Mangrove yang berlangsung di pantai Dusun Kiteran, Desa Kembang, Kec./Kab. Pacitan, Kamis (30/11/2023).

Sebanyak 2000 pohon Mangrove di tanam di wilayah pesisir, selain untuk melindung garis pantai dari abrasi, juga dalam rangka memperingati HUT Korp Brimob Ke-78 dan Polairud Ke-73.

Tak hanya diikuti oleh jajaran TNI dan Polri saja, aksi penanaman pohon Mangrove tersebut juga melibatkan Forkopimda, Dharma Wanita Cab. Pacitan, Pelajar dan Masyarakat.

Dalam sambutannya, Kapolres Pacitan, AKBP. Wildan Alberd, S.I.K, memberikan apresiasinya kepada semua pihak atas kepeduliannya dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan melalui penanaman pohon Mangrove.

“Penanaman pohan Mangrove ini diharapkan dapat menjaga kualitas lingkungan, mengurangi polusi udara dan emisi yang akhir akhir ini sangat memprihatinkan,” kata Kapolres sesaat sebelum melakukan penanaman.

Ia menyebut, peranan Indonesia dalam upaya mitigasi perubahan iklim secara global amat besar, sehingga melindungi dan merestorasi ekosistem mangrove merupakan langkah penting yang harus segera dilakukan secara bersama-sama.

“Perlindungan dan pemulihan ekosistem mangrove merupakan langkah penting bagi Indonesia dalam memitigasi perubahan iklim. Untuk itu, keberadaan ekosistem mangrove di kawasan pesisir harus kita jaga dengan baik, sehingga dapat meningkatkan ketahanan masyarakat terhadap perubahan iklim,” tandasnya.

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan, Letkol Inf Roliyanto, S.I.P, M.I.P mengungkapkan, melalui upaya rehabilitasi yang dilakukan dapat memulihkan, melestarikan kawasan hutan mangrove, dengan harapan dapat mengurangi energi gelombang, melindungi pantai dari abrasi, menghambat intrusi air, memperbaiki lingkungan pesisir dan memperbaiki habitat di pantai.

“Saya berharap gerakan ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam menjaga lingkungan hidup, demi mendukung dan membantu mengatasi perubahan iklim, disamping juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pesisir pantai,” tampahnya secara terpisah.

Aksi penanaman pohon Mangrove hari ini, tak hanya berlangsung di Kab. Pacitan saja, melainkan juga dilaksanakan secara serentak seluruh wilayah Indonesia dengan menyiapkan sebanyak 73.000 bibit pohon Mangrove. (Red).

Berita Lainnya