Hijaukan Lingkungan, Kodim 0802/Ponorogo Adakan Aksi Tanam dan Rawat Pohon

Ponorogo – koranprogresif.co.id – Jika dalam beberapa hari ini Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo fokus pada kegiatan pencegahan terhadap bencana banjir dan timbulnya wabah di musim hujan melalui kerja bakti di lingkungan pasar, selokan air maupun tempat keramainan lainnya, hari ini ada empat Koramil jajaran yang melakukan karya bakti penghijauan / penanaman bibit pohon di Desa Serag, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo, Jum’at (08/12/2023).

Sebagaimana kerja bakti pembersihan lingkungan, kegiatan penanaman bibit pohon hari ini juga merupakan pogram Komando Atas yang dilakukan oleh Kodim se Indonesia termasuk di wilayah Kodim 0802/Ponorogo.

“Sama halnya dengan kerja bakti dalam penanganan bencana banjir dan mencegah timbulnya wabah penyakit, kegiatan penghijauan di Wilayah Kecamatan Pulung juga program dari Komando Atas,“ kata Dandim 0802/Ponorogo, Letkol Inf Hirta Juni Adriansyah, S.Sos, M.Han.

“Kerja bakti pembersihan lingkungan maupun penanaman pohon ini merupakan upaya dalam rangka mencegah terjadinya bencana erosi atau tanah longsor yang juga mengakibatkan banjir disaat musim hujan,“ terang Dandim 0802/Ponorogo.

Beliau menambahkan bahwa, penanaman pohon yang melibatkan berbagai unsur stake holder tersebut disamping sebagai upaya pelestarian lingkungan juga salah satu bentuk investasi buat para generasi di masa depan. Untuk itu, diharapkan dalam kegiatan tersebut disamping menanam bibit juga harus berkelanjutan yaitu dirawat sampai benar – benar tumbuh subur.

Adapun empat Koramil jajaran Kodim 0802/Ponorogo yang melaksanakan penanaman pohon terpusat di Desa Serag tersebut yaitu: Koramil Tipe B 0802/17 Pulung, Koramil Tipe B 0802/18 Sooko, Koramil Tipe B 0802/19 Ngebel serta Koramil Tipe B 0802/21 Ngrayun.

Bersamaan dengan penanaman bibit pohon hari ini juga masih dilakukan kegiatan kerja bakti pembersihan lingkungan oleh Koramil Tipe B 0802/13 Sambit di sungai Dusun Tanjung, Desa Bancangan, Koramil Tipe B 0802/10 Slahung dengan mengambil sasaran pembersihan selokan di Desa Kambeng dan Koramil Tipe B 0802/16 Jetis melakukan pembersihan saluran air di Desa Tegal Sari, Kecamatan Jetis, Kabupaten Ponorogo. (Red/MdC 0802)

Berita Lainnya