HARBOUR PHASE HARI PERTAMA KRI SULTAN ISKANDAR MUDA-367 DAN HELI PANTHER HS-1303 PADA LATMA MILAN 2024

Jakarta – koranprogresif.co.id – Satgas Latma Milan 2024 TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang terdiri dari KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan Heli Panther HS-1303 melaksanakan kegiatan Harbour Phase hari pertama dalam Latihan Bersama (Latma) Multilateral Naval Exercise (MNE) Milan 2024 di Visakhapatnam, India, Selasa (20/02) kemarin.

Satgas Latma Milan 2024 TNI AL telah melaksanakan berbagai aktivitas, yaitu Pre-Sail Discussion, Table Top Exersice (TTX), Submarine Rescue Demo with Deep Submergence Rescue Vehicle (DSRV), Sail Training Ship Milan of Young Officers, Cultural Visit to Agra (Taj Mahal), Health Trek activity dan Ice Breaker Dinner.

Dalam Pre-sail Discussion yang diselenggarakan di Maritime Warfare Center, tim Departemen Operasi tiap-tiap kapal peserta Latihan membahas tentang schedule of event (SOE) dan pelaksanaan serial latihan secara detail sebelum dieksekusi pada saat Sea Phase.

Kegiatan dilanjutkan dengan TTX yang membahas tentang hipotesis bagaimana respon peserta latihan terhadap Humanitarian Assistance and Disaster Relieve (HADR), Non-Combatant Evacuation Operation (NEO) dan Asymmetric Threat.

Selain kegiatan TTX, juga dilaksanakan demonstrasi penyelamatan kapal selam menggunakan DSRV, dimana personel TNI AL dapat melihat dan mengetahui kapabilitas Indian Navy dalam penyelamatan kapal selam.

Kegiatan lainnya adalah Milan of Young Officer dimana perwira muda negara peserta latihan saling berinteraksi dan belajar bersama menggunakan fasilitas latihan dari Indian Navy.

Selain kegiatan yang bersifat diskusi, terdapat juga kegiatan yang bersifat rekreatif yaitu Health Trek yang merupakan kegiatan yoga dan jalan santai dari Dolphin House menuju Yarada Beach, serta Cultural Visit, dimana peserta latihan mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Taj Mahal di Agra yang difasilitasi oleh Indian Navy menggunakan pesawat militer Boeing C-17 Globemaster III.

Kegiatan Harbour Phase hari pertama ini diakhiri dengan Ice Breaker Dinner, yang dibuka oleh Chief of Naval Staf of Indian Navy, Admiral R. Hari Kumar. Ice Breaker Dinner merupakan undangan makan malam non-formal yang bertujuan meningkatkan keakraban dan kebersamaan antar negara peserta selama pelaksanaan Latma MILAN 2024 ini.

MNE Milan merupakan Latihan Bersama Multilateral yang dilaksanakan setiap dua tahun antara Indian Navy dengan negara-negara sahabat sejak tahun 1995, dengan tujuan untuk meningkatkan kerja sama dan profesionalisme militer dalam melaksanakan Operasi Laut melalui Latihan Multilateral yang berskala besar di laut.

Pada MNE Milan 2024 ini, dihadiri oleh 47 negara sahabat dengan melibatkan 18 kapal perang dan 1 pesaawat udara.

Pada kesempatan terpisah, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali menyampaikan kepada seluruh prajurit Jalasena yang tengah melaksanakan misi perdamaian, kemanusiaan dan latihan berskala internasional untuk senantiasa meningkatkan profesionalisme, mempererat hubungan kerjasama, dan secara eksternal memiliki tujuan untuk meningkatkan peran diplomasi TNI AL, serta menjaga nama baik TNI, khususnya TNI AL, bangsa, dan negara agar tetap harum di kancah internasional. (Red).

Berita Lainnya