Gotong Royong Menjadi Salah Satu Instrumen Babinsa Koramil 04/Meureubo Membangun Desa Binaan

Mitra TNI57 views

 

Aceh Barat – koranprogresif.co.id, Guna mempercepat proses pembangunan di wilayah binaan, Babinsa Koramil 04/Mrb Kodim 0105/Abar Sertu Joko Purwanto turun Tangan langsung ikut dalam pelaksanaan Gotong Royong bersama masyarakat bahu membahu membangun Rumah milik salah satu warga yang tengah memasuki tahap pengecoran Slop Atas bertempat di Desa Gunong Kleng Kecamatan Meureubo, Senin (22/4/2024)

Bagi Babinsa, Gotong Royong bersama masyarakat tersebut merupakan implementasi dari salah satu metode pelaksanaan Pembinaan Teritorial (Binter) yang dilakukan di wilayah binaan. Selain sebagai aplikasi tugas, hal ini juga sekaligus merangkul Hati masyarakat.

Sedangkan menurut Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution melalui Danramil 04/Mrb Kapten Inf Andika Trio Utama, S.H., menerangkan bahwa kehadiran Babinsa tersebut merupakan bentuk kepedulian dan kepekaan terhadap sektor kemajuan pembangunan. Disamping memiliki nilai program, kegiatan ini juga dapat dijadikan sebagai bagian dari solusi yang bermuatan sosial kemasyarakatan.

“Gotong Royong ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur sejauh mana Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Sebagai Garda terdepan dan Benteng terakhir, Babinsa akan selalu ada di tengah – tengah masyarakat. Selain itu, momentum ini juga adalah untuk membantu Pemerintah Daerah dalam hal pembangunan secara fisik yang muaranya guna meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat”, beber Danramil

Kemudian, lanjut Danramil, wadah Gotong Royong ini juga bisa dimanfaatkan oleh Babinsa untuk menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) dengan para Tokoh maupun warga masuarakat dalam pemberdayaan wilayah binaan. Niscaya, hal ini bisa menciptakan ketahanan wilayah pada aspek Darat agar semakin tangguh dan tidak rapuh.

“Dengan bergandengan Tangan maka suatu pekerjaan akan menjadi lebih ringan dan cepat terselesaikan. Dengan semangat Gotong Royong, bangunan akan kokoh tegak berdiri yang disertai dengan makin eratnya hubungan silaturahmi”, tambah Danramil

Sementara amatan di lokasi, tampak Babinsa melebur dengan masyarakat saling bahu membahu dalam menyiapkan material sebagai adonan pengecoran Slop Atas. Kerja keras Babinsa seketika itu pula menjadi pemantik api semangat bagi masyarakat untuk lebih giat lagi mengejar target agar pembangunan Rumah cepat selesai sesuai yang telah direncanakan.

(Red)

Berita Lainnya