Forkopimda Tinjau Langsung Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Madiun

Madiun – koranprogresif.co.id – Untuk memastikan kelancaran dan keamanan selama pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Madiun, Forkopimda Madiun meninjau langsung di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Rombongan Forkopimda melakukan beberapa peninjauan yakni di Desa Sumberbening Kecamatan Balerejo, Desa Purwosari Kecamatan Wonoasri, Desa Dimong Kecamatan Madiun, Desa Nglanduk Kecamatan Wungu, Desa Kincangwetan Kecamatan Jiwan, Desa Teguhan Kecamatan Jiwan, dan Desa Bakur Kecamatan Sawahan. Dalam setiap kunjungannya beliau mengecek satu per satu keadaan lokasi dan penerapan protokol kesehatan di tempat tersebut, Senin (20/12/2021).

Bupati menuturkan, dari kunjungannya ke beberapa TPS memiliki hasil yang memuaskan. Partisipasi masyarakat yang ada dalam Pilkades juga tinggi, dalam tinjauannya bupati menyebutkan ada yang sudah mencapai 80 persen.

“Sarana dan prasarananya cukup dan ada juga yang local wisdom, untuk standar operasional prosedur (SOP) sudah sesuai,” jelasnya.

Bupati menambahkan, sesuai pelaksanaan Pilkades tetap berorientasi pada protokol kesehatan sehingga diharapkan usai Pilkades, Kabupaten Madiun akan menjadi level satu. Hal tersebut dikuatkan dengan adanya gerai vaksinasi di setiap masing-masing TPS yang memiliki capaian vaksinasi rendah.

“Usai pencoblosan tinta tidak dicelupkan namun diteteskan, kemudian setelah keluar ada gerai vaksinasi di tempat yang memiliki capaian vaksinasi rendah,” ujar Bupati Madiun.

Sementara itu, Dandim 0803/Madiun, Letkol Inf Edwin Charles melalui Pasiops, Kapten Arm Ragil Nur Cahyo mengintruksikan anggotanya untuk membatu mengamankan proses pungut dan hitung suara pilkades agar berjalan aman dan lancar.

Menurutnya, yang terpenting adalah menjaga situasi agar tetap kondusif serta dalam prosesnya tetap menerapkan protokol kesehatan. (Red).

Berita Lainnya