Eros Djarot Hadiri BTNI Mooncake Festival

Megapolitan1,151 views

Jakarta – koranprogresif.co.id – Budayawan Nasional, Eros Djarot menghadiri Mooncake Festival yang dilaksanakan Bhinneka Tionghoa Nasionalis Indonesia (BTNI) di Golden Leaf Restaurant Kelapa Gading, Jakarta, Jum’at (29/09/2023).

Dalam sambutannya, Eros mengatakan bahwa, tidak ada lagi diskriminasi terhadap warga keturunan Tionghoa, di Indonesia.

Eros juga menegaskan bahwa, warga keturunan Tionghoa yang lahir di Indonesia adalah Pribumi.

“Kita semua bersaudara dan lahir di Indonesia, maka kita adalah satu bangsa Indonesia, dalam bingkai NKRI,” ujar Eros saat memberikan sambutan.

Acara diawali dengan membacakan Narasi Sejarah Mooncake oleh Pendiri Perhimpunan INTI (Indonesia Tionghoa), Michael Utama.

Dalam sejarahnya Mooncake adalah Tradisi Masyarakat China di Tiongkok sejak dahulu kala.

Menurut tradisi, Festival Mooncake atau Festival Kue Bulan merupakan ritual masyarakat Cina Kuno yang dilakukan setiap tanggal 15 pada bulan ke-8 berdasarkan perhitungan kalender lunar Cina.

Masa tersebut merupakan momentum jarak bulan dan bumi menjadi sangat dekat, sehingga melambangkan bersatunya matahari (matahari) dan perempuan (bulan).

Pada kalender Masehi, festival ini biasanya jatuh pada akhir Agustus sampai pertengahan September. Sebagai bentuk perayaan, anggota keluarga pun biasanya akan saling berkumpul untuk mengucap rasa syukur, sambil menikmati pemandangan bulan purnama dan menyantap kue bulan.

Hadir dalam acara Mooncake Festival, Ketua Umum BTNI, Vincen Djaya Saputra, Sekjen BTNI, Andry Gunawan.

Dalam ruang terpisah, Pemilik Restauran Golden Leaf Kelapa Gading, Simon Teh mengatakan, kami berharap, Restauran Golden Leaf yang didirikan sejak 1999, dapat menjadi Tempat ajang Silahturahmi, Restauran Golden Leaf Juga menyediakan Berbagai Menu masakan China Food dan Menu Nusantara Indonesia. (Red).

Berita Lainnya