DPRD – Bupati Kabupaten Sukabumi Sepakat Tandatangani Tiga Raperda

Sukabumi – koranprogresif.co.id – DPRD Kabupaten Sukabumi kembali menggelar rapat paripurna yang dihadiri Bupati, H. Marwan Hamami, dengan agenda penyampaian pendapat akhir atas tiga Raeperda yaitu (1). pemajuan kebudayaan daerah, (2). Pengelolaan keuangan daerah, (3). Perusahaan umum daerah aneka tambang dan energi serta penyampaian LKPJ Bupati Akhir Tahun 2021 di ruang rapat utama DPRD, Palabuanratu, Kamis (31/3/2022).

Bupati menyampaikan bahwa, budaya masyarakat Kabupaten Sukabumi merupakan sistem nilai dan adat-istiadat yang di dalamnya terdapat pengetahuan, keyakinan, nilai-nilai, sikap dan tata-cara masyarakat, keberagaman kebudayaan daerah yang ada merupakan kekayaan dan Identitas bangsa yang sangat diperlukan untuk memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah tantangan perkembangan dunia bahwa untuk memajukan kebudayaan nasional Indonesia diperlukan langkah-langkah strategis berupa upaya pemajuan kebudayaan melalui perlindungan, pengembangan, pemanfaatan dan pembinaan,” terangnya.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan, sementara itu Raperda pengelolaan keuangan daerah, telah melalui serangkaian proses mulai dari perencanaan, penyusunan sampai dengan pembahasan selanjutnya. “Keputusan yang ditetapkan pada hari Ini sesungguhnya merupakan proses dari setiap kebijakan yang akan dibuat oleh Pemerintah Daerah, kebijakan yang dibuat tentu dapat memberikan manfaat dan kami berharap dapat meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi yang bermuara pada meningkatnya kualitas pelayanan terhadap masyarakat,” ujarnya.

Dikatakan Bupati, mengenai Raperda Tentang Perumda Aneka Tambang Dan Energi, hal itu untuk melaksanakan ketentuan Pasal 331 Ayat (2) dan Pasal 402 Ayat (2) UU 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah 54/2017 tentang BUMD, dengan ditindak lanjutinya regulasi tersebut dalam bentuk Perda Kabupaten Sukabumi Nomor 5 Tahun 2016 tentang Perumda Aneka Tambang dan Energi, naka diyakini bahwa kinerja Perumda bersangkutan dapat memberikan kontribusi dalam perekomian daerah dan neningkatakan pelayanan Kepada masyarakat, ungkapnya.

Bupati memaparkan bahwa, LKPJ Bupati Sukabumi Tahun 2021 merupakan bentuk pertanggung jawaban penyelenggaraan Pemerintahan dan kinerja pembangunan yang telah dicapai selama Tahun 2021, LKPJ Bupati Sukabumi dimaknai sebagai laporan hasil penyelenggaraan urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi serta memuat pertanggung jawaban kinerja yang secara langsung mengarah pada pencapaian pelaksanaan program, kegiatan dan Sub kegiatan pada tahun anggaran 2021, kebijakan strategis yang ditetapkan dan tindak-lanjut rekomendasi DPRD tahun anggaran sebelumnya dan hasil tugas pembantuan, pungkasnya.

Sementara Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi, Yudha Sukmagara menyampaikan, agenda rapat paripurna tadi ada tiga Raperda yang disetujui dan ditanda tangani bersama antara pimpinan DPRD dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi.

Menurut Yudha, ketiga Raperda tersebut sudah disepakati, perjalannya pun sudah cukup panjang sudah sesuai dengan aturan yang ditetapkan, begitupun tadi sudah ada penyampaian dari tiap tiap Komisi, yang Notabene membahas ketiga Raperda tersebut, sekarang masuk mekanisme selanjutnya melalui Jabar, baru nantinya akan ditetapkan secara lengkap. (Ek).

Berita Lainnya