Donyar Kusumadji SIK, Dansat Brimob Polda Sumsel, Dampingi Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmat Wibowo Sik dalam Rangka Pemantauan Karhutla di Wilayah Kabupaten OKI

Nasional167 views

 

Kabupaten OKI – koranprogresif.co.id, 4 November 2023 – Dalam upaya pencegahan dan penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terus menjadi isu lingkungan yang serius, Dansat Brimob Polda Sumsel, Donyar Kusumadji SIK, ikut aktif dalam menjalankannya dengan penuh dedikasi. Hari ini, Donyar Kusumadji SIK, bersama Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmat Wibowo Sik, ikut melakukan pemantauan karhutla di wilayah Kabupaten OKI.

Kegiatan pemantauan karhutla ini merupakan langkah proaktif dari kepolisian dan Brimob Polda Sumsel untuk mengawasi dan memastikan wilayah Kabupaten OKI dan sekitarnya terhindar dari ancaman karhutla. Kabupaten OKI, yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan, sering kali menjadi wilayah yang rawan terkena kebakaran hutan dan lahan, mengingat kawasan ini memiliki banyak lahan gambut dan hutan yang rentan terbakar.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten OKI, Dansat Brimob Polda Sumsel Donyar Kusumadji SIK dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmat Wibowo Sik berinteraksi dengan petugas lapangan, termasuk anggota TNI dan relawan yang turut serta dalam upaya pencegahan karhutla. Mereka juga melakukan pemantauan langsung terhadap kawasan hutan dan lahan yang berpotensi menjadi sumber kebakaran.

Donyar Kusumadji SIK mengungkapkan pentingnya sinergi antara Brimob Polda Sumsel, kepolisian, dan instansi terkait lainnya dalam upaya mencegah karhutla. “Kami berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat dari dampak karhutla yang merusak,” kata Donyar.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Rachmat Wibowo Sik menekankan pentingnya peran aktif semua pihak dalam mencegah karhutla. “Kerjasama lintas sektoral dan partisipasi masyarakat sangat penting dalam menjaga ekosistem lingkungan,” ungkapnya.

Upaya pemantauan karhutla ini adalah bagian dari strategi lebih luas yang diterapkan oleh pihak yang berwenang guna melindungi hutan, lahan, dan kehidupan masyarakat dari ancaman karhutla. Diharapkan, dengan sinergi berbagai pihak, karhutla dapat dicegah secara efektif, dan lingkungan serta kehidupan masyarakat di Kabupaten OKI dapat terlindungi dengan baik.

(Red)

Berita Lainnya