Danrem 102/Pjg Beri Paparan di Rakor Penyelenggaraan Pemerintahan Desa se-Kalteng

Palangka Raya – koranprogresif.co.id – Komandan Korem 102/Pjg, BrigjenTNI Yudianto Putrajaya, S.E, M.M menjadi salah satu narasumber dalam *Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Se-Kalteng Tahun 2022.* Adapun tema dalam acara tersebut, *“Strategi Pengendalian Inflasi dan Mitigasi Dampak Inflasi Daerah pada Tingkat Desa dan Kelurahan*. Acara tersebut digelar di aula Jayang Tingang, kompleks kantor Gubernur Kalteng, Jl. RTA. Milono, pada hari Kamis (15/9).

Hadir dalam acara tersebut, Gubernur Kalteng, Wagub Kalteng, Kapolda Kalteng, Danrem 102/Pjg, Kajati Kalteng, Kapengti Kalteng, Ketua DPRD Kalteng, Ka PTA Kalteng diwakili Hakim Tinggi, Kakanwil Hukum dan Ham Kalteng diwakili Kabag TU, Kabinda Kalteng diwakili Korwil Palangkaraya, Sekda Kalteng, Walikota/Bupati dan Pj. Bupati Se-Kalteng, Ketua DAD Kalteng, para Dandim, para Kapolres, Ketua TP PKK Kalteng, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Instansi Vertikal Kalteng, Pimpinan Perbankan Kalteng, Camat, para Danramil, Kapolsek, Lurah, Kades Se-Kalteng, para Babinsa, para Bhabinkamtibmas, Ketua TP PKK Kelurahan dan Desa Se-Kalteng, jumlah seluruhnya 4.180 orang.

Dalam kesempatan tersebut, Danrem 102/Pjg memberikan materi tentang Aktualisasikan Keberadaan TNI di Hati Rakyat.

Mengawali paparannya, Danrem menegaskan bahwa, adanya Kampung Pancasila Berkah yang menjadikan masyarakat lebih kreatif, inovatif, mandiri menuju Kalteng semakin berkah (Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Harmonis).

“Perintah Bapak Gubernur Kalteng, nama Kampung Pancasila Berkah dirubah menjadi Lewu Pancasila BERKAH. Dalam kesempatan ini saya mengajak, mari kita selalu dekat dengan rakyat. Ada jargon yang bisa kita jadikan inspirasi *Temuilah rakyatmu hiduplah bersama mereka mulailah dari apa yang mereka miliki rakyat adalah ibu kandung TNI*,” tandasnya mantap.

Dasar arah pembangunan nasional, lanjut Danrem, peraturan Presiden nomor 18 tahun 2020 RPJMN menjadi panduan dan Rencana dalam melangkah ke depan menuju Indonesia maju, turun ke Gubernur RPJMD Kalimantan tengah dan perintah harian Kasad TNI AD harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat apapun bentuknya dan senantiasa menjadi solusi dan perintah Pangdam XII/Tpr jangan pernah lelah berinovasi bantu kesulitan rakyat.

Lebih lanjut Danrem menyatakan, Kampung Pancasila berkah, merupakan langkah mengakselerasi pembangunan kamandirian desa. Jadikan sebagai rule Model menuju desa mandiri. Di Lewu Pancasila Berkah dirikan Warung Berkah
sebagai wahana transaksi Ekonomi, kerja sama mitra terkait dan partisipasi masyarakat.

“Lewu Pancasila Berkah akan maju, dengan peran aktif dinas terkait, media, kolaborasi dengan BUMN /BUMD/Swasta, perguruan tinggi dan masyarakat setempat diharapkan partisipasi berperan aktif ikut serta membangun desanya,” tandasnya mantap.

Secara khusus, lanjutnya, perkuat peran Babinsa
Realisasi kampung Pancasila berkah (14 kab/kota) dengan melakukan pendampingan dalam perencanaan Kampung Pancasila Berkah, mendorong prioritas kerjasama dengan pihak ketiga, melakukan pengawasan secara transparan dan kembangkan Kampung Pancasila sesuai potensi wilayah.

Dalam sesi akhir, Danrem memberikan pesan dengan tegas, “Pastikan Satu Frekuensi, bekerja sit down and Run sesuai tugas tanggung jawab”. “Terima kasih, Korem 102/Panju Panjung BERKAH, TNI AD di Hati Rakyat,” tandasnya mantap. (Red).

Berita Lainnya