Danrem 081/DSJ Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2024

Bandung – koranprogresif.co.id – Danrem 081/DSJ, Kolonel Inf H. Sugiyono mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana di Hotel Pullman Bandung Grand Central, Jl. Diponegoro No. 27 Kota Bandung, Rabu (24/4/2024). Acara tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dibuka oleh Wapres Ma’ruf Amin.

Seiring dengan tantangan fenomena alam yang memunculkan berbagai jenis bencana dan kompleksitas dampaknya, Rakornas yang dihadiri lebih dari 2.000 peserta itu mengambil tema “Pengembangan Teknologi dan Inovasi dalam Penanggulangan Bencana”.

Sesuai dengan tema tersebut, Wapres ingin teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana dapat terus didorong sebagai langkah yang efektif dan efisien dalam menghadapi bencana.

“Saya minta agar pengembangan teknologi dan inovasi dalam penanggulangan bencana di dalam negeri untuk terus dioptimalkan,” kata Wapres dalam sambutannya.

“Dorong integrasi teknologi dan inovasi berbasis data yang valid, sebagai kunci terwujudnya efektifitas dan efisiensi aksi dini, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto mengatakan, keselarasan antara strategi dan kebijakan harus didukung inovasi dan teknologi yang dapat menjawab tantangan perencanaan untuk mengantisipasi, mencegah dan membangun kesiapsiagaan.

Suharyanto juga menegaskan, inovasi dan teknologi yang dirancang tersebut akan mampu menunjang ekosistem aksi dini di tingkat masyarakat.

“Fakta di lapangan menunjukkan fase tanggap darurat akan lebih efektif jika didukung oleh ketersediaan logistik dan peralatan yang cukup, agar transisi darurat, fase rehabilitasi, dan fase konstruksi bisa diakselerasi,” bebernya.

Terkait Rakornas yang diselenggarakan, ia berharap dapat menjadi sarana koordinasi antara BNPB dan BPBD, serta mitra kerja terkait di tingkat pusat dan daerah dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana. (Red).

Berita Lainnya