Danposal Gebang Bersama Babinpotmar Laksanakan Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Mangrove

Kab Cirebon – koranprogresif.co.id – Danposal Gebang Letda Laut (S) Achmad Roni bersama Babinpotmar Posal Gebang Lanal Cirebon, melaksanakan perawatan dan pemeliharaan tanaman mangrove yang ditanam pada saat puncak Penanaman Mangrove Nasional Secara Serentak Jajaran TNI di Seluruh Indonesia oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Adapun perawatan Mangrove bertempat di Area Pemulihan Mangrove Lanal Cirebon di Desa Kalipasung Kab. Cirebon, Selasa (25/7/23).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Cirebon Letkol Laut (P) Ridwansyah, S.E., D.W.C., M.Sos., CRMP., CTMP., melalui Danposal Gebang mengatakan, bahwa kondisi tanaman mangrove saat ini 80% hidup dengan keadaan baik karena dilakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik oleh Babinpotmar Posal Gebang dan masyarakat sekitar Desa Kalipasung Kabupaten Cirebon.

“Pemeliharaan tersebut dengan cara membersihkan area yang ditanami mangrove dari sampah-sampah pada saat air pasang,” katanya.

Kegiatan ini, lanjutnya, rutin dilakukan 2 minggu sekali dengan harapan mangrove yang ditanam akan tumbuh subur sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Ia menjelaskan, peranan hutan mangrove diantaranya, mencegah intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi pantai, sebagai pencegah dan penyaring alami, sebagai tempat hidup dan sumber makanan bagi beberapa jenis satwa.

“Ini juga serta berperan dalam pembentukan pulau dan menstabilkan daerah pesisir,” pungkasnya.

Berita Lainnya