DANLANTAMAL III JAKARTA HADIRI UPACARA PENYAMBUTAN SATGAS MTF TNI KONGA XXVIII-N/UNIFIL TA 2022-2023

Mitra TNI68 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) III Jakarta Brigjen TNI (Mar) Harry Indarto, S.E., M.M. menghadiri upacara penyambutan Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-N/United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) TA 2022-2023 selaku Dansatgas Letkol Laut (P) John David Nalasakti Sondakh, S.T., M.M. dengan inspektur upacara (Irup) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, S.E., M.M., M.Tr.Opsla. mewakili Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si. bertempat di lapangan M. Silam Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Selasa (06/02/2024).

Panglima TNI dalam amanatnya yang dibacakan Kasal mengatakan “Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya mengucapkan selamat datang di tanah air pada seluruh personel Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL TA 2022-2023 yang telah berhasil melaksanakan tugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) selama kurang lebih satu tahun di Lebanon. Dalam melaksanakan tugasnya Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL telah berhasil mengukir berbagai prestasi dan sebagai pengakuannya telah diterima berbagai penghargaan”.

Selanjutnya Panglima TNI menjelaskan “Beberapa penghargaan yang diterima antara lain 1) menerima penghargaan tertingi dari UNIFIL Force Commander berupa recommendation atas dedikasi, profesionalitas, dan kontribusi yang luar biasa terutama keberhasilan melaksanakan Search and Rescue (SAR) terhadap kapal pengungsi tenggelam di awal penugasan; 2) penganugerahan Lebanon Armed Forces (LAF) Medal kepada Komandan Satgas dan Letter of Appreciation and Out of Standing Service pada Wadan Satgas atas komitmen yang luar biasa dalam menjalankan amanat PBB serta memajukan kerja sama Lebanon Armed Forces; dan 3) apresiasi dari Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Lebanon berupa Medal of Peace (Medali Perdamaian) dan Medali Duta Kebudayaan sebagai bukti kongkrit kehadiran Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL tidak hanya memberikan dampak positif pada aspek operasi dan latihan namun juga pada aspek diplomasi dalam mendukung terwujudnya perdamaian dunia”.

Sebelum mengakhiri amanatnya Panglima TNI menegaskan “Saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi kepada seluruh personel Satgas MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL. Selanjutnya lakukan pemeriksaan dan inventarisasi kembali semua material pasca penugasan dan segera laksanakan adaptasi terhadap lingkungan di satuan masing-masing agar siap mlaksanakan tugas selanjutnya”.

(Red)

Berita Lainnya