Dandim 0801/Pacitan Pimpin Upacara Peringatan HAORNAS Yang Ke-39 Tahun 2022

Pacitan – koranprogresif.co.id – Kali ini bertempat di halaman Makodim 0801/Pacitan, Jl.Letjen Suprapto No.42 Pacitan, telah diselenggarakan upacara peringatan Hari Olah Raga Nasional, yang dipimpin langsung oleh Komandan Kodim 0801/Pacitan, Letkol Kav. Ibnu Khazim, S.I.P, M.Si dan diikuti oleh seluruh anggota baik TNI maupun PNS, Jum’at (9/9/2022).

Hari Olahraga Nasional bermula dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) I di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 9-12 September 1948. Saat itu, kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia masih belum diakui penuh oleh masyarakat dunia. Sehingga, para atlet Indonesia tidak dapat mengikuti kompetisi dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.

Para atlet Indonesia dapat mengikuti kompetisi asalkan menggunakan paspor Belanda. Namun, para atlet Tanah Air menolak dan bersikeras hanya akan hadir di Olimpiade jika mewakili Indonesia. Maka dari itu, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi olahraga di dalam negeri yang dikenal sebagai Pekan Olahraga Nasional (PON).

Penyelenggaraan PON adalah bukti kepada dunia internasional bahwa Indonesia yang baru merdeka mampu menyelenggarakan kegiatan olahraga skala Nasional. Pada 9 September 1948 ajang olahraga pasca kemerdekaan Indonesia itu dibuka secara resmi. Kemudian, ditetapkan sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas).

Pada kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0801/Pacitan, membacakan amanat dari Menteri Pemuda dan Olah Raga bahwa, bangsa Indonesia setelah selama dua tahun mengalami keterbatasan aktifitas fisik akibat Covid-19 kini mulai bangkit melalui Hari Olah Raga Nasional, berdasarkan Keputusan Presiden No. 67 Tahun 1985 tentang Hari Olah Raga Nasional.

“Melalui kolaborasi dan komitmen yang kuat antara Pemerintah Pusat, Daerah, Swasta dan Stakeholder, secara bersama-sama akan dapat mencetak juara di bidang olahraga,” katanya dalam amanat.

“Kemudian, diawali dengan pembudayaan olahraga, pembinaan sejak usia dini, kompetisi secara berjenjang dan sistematis serta didukung dengan penerapan Sport Science, akan terwujud pembangunan olah raga,” tuturnya dalam amanat

Lahirnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan dan terbitnya Peraturan Presiden Nomor 86 Tahun 2021 tentang Design Besar Olahraga Nasional (DBON), diharapkan mampu memberikan konstribusi pencapaian tujuan pembangunan olahraga dalam dimensi yang lebih luas.

Yakni untuk mewujudkan Indonesia bugar berkarakter tangguh dan berprestasi dunia, bahkan olahraga harus mampu berperan dalam pemberdayaan ekonomi, oleh sebab itu maka tema peringatan HAORNAS XXXIX Tahun 2022 ini adalah “Bersama Cetak Juara”.

Selanjutnya, untuk optimalisasi pemassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai dengan Amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional sebagaimana telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2022 tentang Keolahragaan, mari kita laksanakan gerakan olah raga secara masif dan meluas. Sehingga olah raga dijadikan sebagai kebutuhan hidup dan gaya hidup dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Terima kasih kepada Bapak Presiden Republik Indonesia yang telah memberikan arahan tentang pembinaan olahraga secara umum dan khususnya peningkatan prestasi olahraga Nasional,” ungkapnya dalam amanat.

“Kepada para pahlawan dan peraih penghargaan olahraga, semoga tetap sukses dengan perjuangannya di dalam peningkatan prestasi dan minat masyarakat untuk berolahraga,” tutupnya dalam amanat.

Rangkaian upacara selesai kemudian dilanjutkan olah raga dengan melakukan senam aerobik bersama, yang diikuti oleh seluruh personel Kodim 0801/Pacitan, baik TNI, PNS dan Persit KCK Cab XV Koorcab 081 PD V/Brawijaya. (Red).

Berita Lainnya