Dandim 0614/Kota Cirebon Ikuti Susur Sungai pada Peringatan Hari Sungai Nasional

Kota Cirebon – koranprogresif.co.id – Dalam rangka Peringatan Hari Sungai Nasional, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah mengikuti kegiatan Susur dan Bersih-bersih Sungai/River Clean Up.

Kegiatan Susur dan Bersih-bersih sungai/River Clean Up dalam rangka Hari Sungai Nasional menuju 10th World Water Forum tersebut di pusatkan di TPI Pesisir Panjunan sepanjang Aliran Sungai Sukalila (Muara Sukalila) Pajunan Kel. Panjunan Kec. Lemahwungkuk Kota Cirebon, Kamis (27/07/23).

Kegiatan dengan tema ‘Sungai Bersih Untuk Kehidupan dan Alam’ yang diselenggarakan oleh BBWS Cirebon, yang di ikuti sekitar 500 orang dengan penanggung jawab Dwi Agus Kuntoro, S.T., M.M,. M.T. Kepala BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk/Cisanggarung) dihadiri unsur Forkopimda Kota Cirebon.

Kepala BBWS Cimanuk Cisanggarung, Dwi Agus Kuntoro, S.T., M.M., MT menyampaikan, kegiatan ini adalah kolaborasi antara BBWS dan Pemerintah Daerah serta semua unsur instansi yang terkait lainya dan sekaligus mendukung Pemerintah dalam rangka menuju 10thn World water Forum.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli dalam menjaga Sungai dalam kehidupan sehari hari,” tutur Dwi Agus Kuntoro.

Kegiatan ini sengaja dilakukan di Sungai Sukalila, karena Sungai sukalila adalah Sungai yang menyatukan wilayah Kabupaten dan Kota Cirebon,” imbuhnya.

“Semoga kegiatan ini menjadi contoh kepada yang lain betapa pentingnya Sungai dalam kegiatan sehari hari dalam penggunaan air,” harapnya.

“BBWS tidak bisa bekerja sendiri dalam menjaga Sungai oleh karena itu saya ucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Daerah kota cirebon dan Forkopimda dan stakeholder yang terkait yg ikut bekerja sama dalam menjaga Sungai di Cisanggarung,” imbuhnya.

Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Eti Herawati Wakil Walikota Cirebon, mengatakan, Atas nama Pemerintah Daerah Kota Cirebon, mengucapkan terima kasih kepada BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung) yang telah berinisiasi melaksanakan kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Sungai Nasional.

Ini adalah upaya riil yang melibatkan sinergi dan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat untuk terlibat aktif dalam Gerakan Nasional Kemitraan Penyelamatan Air (GN-KPA).

“Kegiatan susur dan bersih-bersih sungai ini, kita semua tentu berharap dapat menghasilkan dampak yang positif bagi kondisi lingkungan dan masyarakat serta dapat mengetahui dan memetakan potensi sungai,” ujarnya.

Potensi ini penting kita petakan agar fungsi sungai di sisi lain dapat terjaga dan di sisi lainnya dapat memberikan fungsi produktif yang lain.

“Selain itu saya juga berharap kegiatan ini dapat mengampanyekan perubahan perilaku masyarakat untuk lebih peduli lingkungan terutama kepada kualitas air sungai yang lebih baik,” terangnya.

Untuk itu melalui gerakan-gerakan peduli sungai seperti ini diharapkan limbah domestik rumah tangga yang masuk ke sungai akan bisa terkurangi, karena masyarakat juga akan semakin teredukasi pentingnya sungai yang bersih.

Disela kegiatan susur dan bersih-bersih sungai, Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah juga menyampaikan, Kegiatan ini adalah dalam rangka memperingati hari Sungai Nasional, sekaligus mengajak kepada semua masyarakat untuk peduli tentang pentingnya menjaga Sungai dalam kehidupan sehari hari.

“Mari peduli dengan sungai. Karena sungai sangat bermanfaat untuk kehidupan kita,” pungkasnya.

Berita Lainnya