Dampingi Vaksinasi Ternak, Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku Jaga Ketersediaan Daging Dalam Negeri

Pacitan – koranprogresif.co.id – Sebagai upaya pencegahan terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Kopda Yanu Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku, Kodim 0801/Pacitan, melaksanakan pendampingan vaksinasi oleh Dinas Peternakan Kab. Pacitan, terhadap hewan ternak milik warga di Desa Candi, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Sabtu (04/01/2023).

Selain sebagai upaya pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) maupun penyakit menular lainnya, hal tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan swasembada pangan, serta membantu para peternak untuk menjaga ketersediaan daging dalam negri yang sehat dan berkualitas.

Tim vaksinasi yang ketuai oleh Ibu Rizki (Dokter Hewan) melakukan kegiatan vaksinasi terhadap hewan ternak milik warga, sebanyak 438 ekor, terdiri dari Sapi sebanyak 60 ekor dan kambing 378 ekor.

Dalam keterangannya di lapangan, Babinsa Koramil 0801/12 Pringkuku menuturkan bahwa, tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) sehingga hewan ternak dapat tumbuh kembang sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya (PMK).

“Ini wujud nyata perhatian Pemerintah kepada para peternak di wilayah untuk memberikan vaksinasi kepada hewan ternaknya. Sehingga, dengan diberikan vaksinasi, hewan ternak dapat tumbuh kembang dengan baik, dan nantinya menghasilkan daging yang sehat dan berkualitas,” kata Babinsa saat dikonfirmasi oleh awak media.

Lebih lanjut, dirinya juga menghimbau kepada peternak, agar selalu menjaga kebersihan kandang serta memperhatikan pola makan hewan ternaknya, agar tetap sehat terhindar dari virus penyebab penyakit.

“Semoga melalui program vaksinasi dari pemerintah, hewan ternak dapat terjamin kesehatannya, serta menghasilkan daging yang bermutu dan berkualitas.Ini tentunya juga untuk menjaga ketersediaan daging dalam negeri dan berdampak bagi penghasilan para peternak semakin meningkat,” tutur Babinsa. (Red).

Berita Lainnya