DALAM RANGKA LATTEK PRA JALASESYA, TARUNA AAL ANGKATAN KE-72 KUNJUNGI BALI

Mitra TNI108 views

Bali – koranprogresif.co.id, 8 Februari 2024 Taruna/i Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat I Angkatan ke-72 melaksanakan kegiatan di Provinsi Bali dalam rangka pelaksanakan Latihan dan Praktek (LATTEK) Pra Jalasesya Tahun 2024. Sebanyak 242 siswa Taruna/i AAL on board di KRI Makasar-590 yang dikomandani oleh Letkol Laut (P) Arief Kurniawan Hertanto, S.H., bertolak dari Lombok Nusa Tenggara Barat menuju Bali.

Didampingi Dansatgas Mayor Laut (P) Rendra Hari Wibowo dan Perwira Pendamping, sebanyak 242 siswa Taruna/i AAL berangkat dari Surabaya tanggal 2 Februari 2024 dengan rute pelayaran yaitu Surabaya – Lombok – Bali dan tiba kembali di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya tanggal 13 Februari 2024.

KRI Makasar-590 tiba di Pelabuhan Benoa Bali pada hari Kamis 8 Februari 2024 sekitar pukul 09.30 Wita dan dan direncanakan sandar di Pelabuhan Benoa Bali selama 3 hari, sebelum bertolak kembali menuju Surabaya di tanggal 10 Februari 2024, dalam kunjungan di Bali kali ini merupakan rute terakhir pada kegiatan Lattek Pra Jalasesya Tahun 2024 yang mana KRI Makasar-590 mendukung kegiatan Lattek ini selama 12 hari.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar selaku satuan pelaksana dibawah Komando Lantamal V berperan aktif mendukung kegiatan tersebut, ini merupakan salah
satu tugas dan fungsi Pangkalan dalam rangka memberikan dukungan administrasi dan
logistik bagi unsur-unsur KRI maupun Pesawat Udara TNI AL, serta pasukan yang singgah dalam rangka melaksanakan tugas operasi maupun latihan diwilayah kerja Lanal Denpasar.

Saat penyambutan siswa Taruna/i Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat I Angkatan ke-72, Danlanal Denpasar Kolonel Marinir I Dewa Nyoman Gede Rake Susilo, S.E. mengatakan Lattek Prajasesya sangat penting dilaksanakan oleh taruna taruni AAL TK I sebagai calon-calon pemimpin TNI/TNI AL masa depan guna memperkenalkan secara langsung dasar kematraan,tradisi khas TNI AL dan kehidupan dinas dalam di KRI pada saat berlayar serta menumbuh kembangkan kejuangan jiwa bahari dan membentuk karakter sebagai prajurit matra laut, dimana dalam membentuk karakter tidak sekedar bisa dinarasikan, namun harus melaksanakan latihan dan praktek, ucapnya.

Selama melaksanakan Pra Jalasesya, Taruna/i Tingkat I ini akan dikenalkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan keangkatanlautan seperti Peraturan Umum Dinas Dalam (PUDD), tradisi Khas TNI AL, Data teknis serta deskripsi kapal dan jenis peran peran di KRI, Alat alat kebaharian, Organisasi di KRI, Navigasi, Persenjataan, Permesinan serta Sistem, keselamatan di kapal, pungkasnya.

Dalam kesempatan ini, para Taruna/i juga akan melaksanakan kunjungan Courtesy Call (CC) ke Pejabat Daerah Provinsi Bali antara lain Gubernur Bali, Walikota Denpasar, Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali dan Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, dan tidak hanya itu seluruh Taruna/i juga melaksanakan kegiatan karya bhakti berupa bersih-bersih pantai yang digelar di Pantai Mertasari, yang mana bertujuan untuk menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pantai/laut, hal ini sejalan dengan penekanan dari Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamanan TNI Dr. Muhammad Ali bahwa kegiatan karya bhakti bersih-beraih pantai seperti ini merupakan wujud komitmen TNI AL untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup guna mendukung strategi pemerintah demi meningkatkan kesejahteraan seluruh komponen masyarakat terutama masyarakat maritim.

Selain melaksanakan pembersihan pantai Taruna/i juga melaksanakan karya bhakti bersih-bersih di tempat peribadatan Puja Mandala di Kuta Kab. Badung dan Vihara Satya Dharma Benoa Bali, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa toleransi beragama diantara prajurit TNI AL (Taruna/i).

Hadir dalam penyambutan Dir.Polairud Polda Bali, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II, Palaksa Lanal Denpasar, Kapolsek KP3 Laut Benoa, Komandan Kompi Angkutan Air Benoa, Pelindo Sub Regional Head pada Sub Regional Bali Nusra Regional 3, Seluruh Unsur Maritim Benoa serta tamu undangan laiinya.

Dan sebagai info tambahan yang disampaikan oleh Komandan KRI Makasar – 590 bahwa selama sandar di Pelabuhan Benoa Bali kapal akan melaksanakan Open Ship mulai pukul 08.00 – 17.00 Wita.

(Red)

Berita Lainnya