Cetak Bibit Muda Polo Air Berprestasi, Aspotmar Kasal Tutup Kejuaraan Polo Air Kasal Cup 2023

Mitra TNI127 views

 

Jakarta – koranprogresif.co.id – Asisten Potensi Maritim Kasal (Aspotmar Kasal), Mayjen TNI Marinir Markos mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Muhammad Ali menutup Kejuaraan Polo Air Tingkat Nasional “KASAL CUP” tahun 2023, bertempat di Gelanggang Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Sabtu (11/11).

Kejuaraan Polo Air yang mengusung tema “Pahlawan Muda Polo Air Indonesia”, diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut (TNI AL) bekerja sama dengan Perkumpulan Olahraga Air (PORA) Kusuma Harapan ini digelar dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November.

Kompetisi yang berlangsung 5 hari mulai tanggal 7 sampai dengan 11 November 2023 ini merupakan kejuaraan antar klub Polo Air terbesar dengan peserta terbanyak dalam sejarah penyelenggaraan kejuaraan Polo Air di Indonesia.

Kasal dalam sambutan yang dibacakan oleh Aspotmar Kasal menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan mempopulerkan olahraga polo air Indonesia serta mengkampanyekan olahraga Polo Air sebagai bagian dari gaya hidup sehat dan mencari bibit-bibit muda berprestasi.

“Melalui kejuaraan ini, diharapkan mampu mendorong para atlit muda untuk semakin meningkatkan kecintaan terhadap olahraga air, khususnya polo air sehingga cabang olahraga ini menjadi wadah untuk menciptakan bibit-bibit muda yang handal dan berprestasi serta membawa masyarakat, untuk mengingat kembali akan jati diri sebagai bangsa maritim,” ungkap Aspotmar Kasal.

Sebelum kegiatan penutupan, digelar pertandingan Eksibisi antara Personel TNI AL melawan All Star yang dimenangkan TNI AL dengan skor akhir 8 – 5. Selanjutnya ditampilkan juga penampilan eksibisi Renang Indah dari Atlet Renang Indah DKI Jakarta.

Pada acara puncak ditampilkan pertandingan Final antara Klub Polo Air Kusuma Harapan melawan klub Polo Air Indonesia Star Aquatic, yang dimenangkan oleh Kusuma Harapan dengan skor akhir 15 – 11. Sehingga Klub Polo Air Kusuma Harapan berhak mendapatkan Piala Kasal sebagai Juara Pertama dan Klub Indonesia Star Aquatic sebagai Juara kedua. Sedangkan Juara Ketiga diraih oleh Klub Polo Air Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta setelah mengalahkan Klub polo Air Priangan Waterpolo dengan skor 16 – 12.

Pada Kejuaraan ini juga diberikan piala dan piagam penghargaan dengan kategori Kiper Terbaik Putra yang diraih oleh Yoga Arif Samudro dari Klub D I Yogyakarta dan Kiper Terbaik Putri yang diraih oleh Seila Robi dari Klub Priangan Waterpolo. Untuk Kategori Pencetak Gol Terbanyak Putra diraih oleh Rezabakti Mulia dari Klub Indonesia Star Aquatic dan Pencetak Gol Terbanyak Putri yang diraih oleh Amazia Keiko Radisty dari Klub D I Yogyakarta.

Sedangkan kategori Pemain Terbaik Putra diraih Saleh dari Klub Kusuma Harapan dan Pemain Terbaik Putri diraih Rara Anggraini Djajanegara dari Klub Kusuma Harapan. Untuk Pemenang Grand MVP, diraih oleh Richley Gregorius dari Klub Kusuma Bangsa, yang selain berhak mendapatkan Piala dan Piagam, juga berhak membawa pulang 1 Unit Sepeda Motor sebagai hadiah utama.

Kejuaraan Polo Air tingkat nasional Kasal Cup tahun 2023 ini, terdiri dari 44 pertandingan yang diikuti sebanyak 13 team polo air perwakilan terbaik dari 6 provinsi yaitu dari wilayah DKI Jakarta, Jawa barat, D.I. Yogyakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan. (Red).

Berita Lainnya