Cegah Penyakit, Babinsa Koramil 0801/06 Bandar Lakukan Pendampingan Vaksinasi Hewan Ternak

Pacitan – koranprogresif.co.id – Sebagai pembudidaya hewan ternak yang baik adalah melakukan upaya pencegahan supaya hewan ternak tidak terjangkit penyakit.Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melaksanakan pencegahan terhadap penyakit, salah satunya dengan vaksinasi.

Selain itu, dengan memberikan pakan yang bergizi, menjaga sanitasi kandang dan lingkungan peternakan serta konsisten dalam menerapkan kegiatan biosekuriti, hewan ternak akan selalu terjaga kesehatannya.

Kesehatan ternak dapat terganggu apabila melakukan kesalahan dalam manajemen pemeliharaan ternak seperti kepadatan kandang yang tinggi, artinya jumlah ternak yang ditampung dalam kandang tidak sesuai dengan ukuran kandang, sistem ventilasi yang buruk, intensitas cahaya yang terlalu tinggi serta tingginya tingkat populasi dilingkungan kandang, sehingga memicu penurunan kondisi kesehatan ternak.

Untuk meningkatkan kesehatan terhadap hewan ternak, Babinsa Koramil 0801/06 Bandar, Kodim 0801/Pacitan melaksanakan pendampingan vaksinasi terhadap hewan ternak bertempat di Desa Bandar, Kec. Bandar, Kab. Pacitan, Jum’at (23/9/2022).

Tim vaksinasi yang diketuai oleh Dr Mahendra (Mantri Hewan Kec. Bandar melakukan kegiatan vaksinasi terhadap hewan ternak sebanyak 583 ekor, terdiri dari Sapi sebanyak 235 ekor, kambing 249 ekor, serta domba 99 ekor, dari 197 pemilik hewan ternak.

Saat dikonfirmasi awak media, Sertu Soleh, Babinsa Koramil 0801/06 Bandar mengungkapkan bahwa, tujuan dari vaksinasi intinya untuk memberikan kekebalan (antibodi) sehingga hewan ternak dapat melawan mikro-organisme penyebab penyakit.

“Ternak yang sehat bisa dilihat dari tampilan fisiknya seperti ternak kelihatan aktif dan tanggap terhadap perubahan situasi di sekitarnya. Kondisi tubuh seimbang tidak sempoyongan atau pincang, mata bersinar dan sudut mata terlihat bersih, kulit tidak kusam serta frekuensi nafas dan denyut nadi teratur,” kata Babinsa.

“Semoga dengan adanya program vaksinasi dari pemerintah, hewan ternak dapat terjamin kesehatannya, agar menghasilkan daging yang bermutu dan berkualitas sehingga dapat meningkatkan hasil,” tutur Babinsa. (Red).

Berita Lainnya