Cegah Banjir, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Bersama Warga Bergotong-Royong Bersihkan Sampah

Pacitan – koranprogresif.co.id – Babinsa merupakan unsur pelaksana Koramil yang mempunyai tugas dalam pembinaan teritorial di wilayah. Dengan harapan, seorang Babinsa mampu menjadi pelopor dan suri tauladan bagi masyarakat dalam setiap kegiatan sosial kemasyarakatan.

Seperti yang dilakukan Serda Wahyudi, Babinsa Koramil 0801/Pacitan Kodim 0801/Pacitan, melaksanakan kegiatan gotong-royong pembersihan lorong jembatan sungai Kunir, yang berada di Kel. Pucang Sewu, Kec. Pacitan, Kab. Pacitan, Rabu (28/9/2022).

Saat ditemui di lokasi, Babinsa Koramil 0801/Pacitan mengatakan bahwa, kegiatan gotong royong tersebut bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan antara TNI dengan masyarakat agar semakin kokoh, sebagai wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat.

“Kami bersama warga melakukan kegiatan gotong-royong dengan membersihkan sampah maupun ranting kayu yang terbawa arus air akibat hujan deras, akibatnya terjadi sumbatan di bawah jembatan. Untuk itu sampah tersebut kita bersihkan agar aliran air sungai menjadi lancar,” kata Babinsa.

“Kami juga menghimbau kepada warga agar selalu peduli terhadap lingkungan, untuk tidak membuang sampah sembarang terutama di sungai.Karena hal tersebut dapat memicu terjadinya banjir apabila terjadi hujan deras,” pungkas Babinsa.

Salah satu warga, Supardi (46) mengungkapkan bahwa, sangat berterimakasih kepada Bapak Babinsa, dimana sudah peduli terhadap lingkungan dalam mengantisipasi bahaya banjir.

“Dengan kehadiran Babinsa di tengah-tengah masyarakat harapannya dapat memberi motifasi bagi warga untuk menumbuhkan kesadaran dalam menjaga kebersihan lingkungan. Semoga apa yang kita lakukan hari ini, dapat bermanfaat bagi kepentingan umum,” tutur warga. (Red).

Berita Lainnya