Bupati Demak Pimpin Apel Pengamanan Malam Takbir

TNI Polri92 views

 

Demak – koranprogresif.co.id – Polres Demak melaksanakan apel pengamanan malam takbir jelang Idul Fitri 1445 Hijriyah, di Alun – alun Simpang Enam Demak. Apel ini diikuti personel gabungan mulai dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD dan instansi terkait lainnya.

Apel pengamanan ini dimulai tepat pukul 16.00 WIB. Bupati Demak, Eisti’anah turun langsung sebagai pimpinan apel dan diikuti oleh 400 personel gabungan.

Dalam amanatnya, Eisti’anah meminta seluruh personel untuk melaksanakan tugas pengamanan ini dengan sebaik mungkin sehingga tidak terjadi kejadian yang tidak diinginkan.

Menurutnya, salah satu momen perayaan Idul Fitri yang akan dilakukan masyarakat malam ini adalah pelaksanaan Takbir Mursal. Baik itu dilaksanakan di tempat tempat-tempat ibadah maupun di perkampungan.

“Untuk itu, seluruh personel dapat menginformasikan kepada masyarakat agar merayakan kegiatan takbir mursal di area masjid dan mushola sesuai dengan kearifan lokal, sehingga tidak menimbulkan kerawanan yang dapat mengganggu Kamtibmas,” kata Bupati Eisti’anah, Selasa (9/4/2024) sore.

Ia mengungkapkan bahwa, perayaan konvoi di jalan berpotensi mengganggu ketertiban umum. Termasuk di dalamnya menggelar battle sound, menyulut petasan, minum minuman keras serta arak-arakan di jalan raya yang mengancam keselamatan pengguna jalan.

“Agar petugas di lapangan untuk melakukan pengamanan dengan cara yang humanis dan persuasif. Pastikan pelaksanaannya bisa terlaksana dengan aman, lancar dan kondusif. Optimalkan komunikasi dan koordinasi untuk mengetahui dinamika dan perkembangan situasi masyarakat,” ungkapnya.

“Kita semua tentu berharap, seluruh umat muslim dapat merayakan hari kemenangan dan dapat menjalani ibadah dengan khusyuk, aman dan nyaman,” lanjut Eisti’anah.

Sementara itu, Kapolres Demak, AKBP Muhammad Purbaya menambahkan, pihaknya akan fokus pengamanan pada saat Idul Fitri. Tidak hanya fokus pengaman malam takbir, namun Kepolisian juga melakukan patroli di tempat-tempat rawan seperti Perbankan, pusat perbelanjaan dan pemukiman warga.

“Sebelumnya kami juga mengimbau kepada masyarakat agar dapat menitipkan sepeda motor di kantor Polisi sebelun mudik. Tujuan yang kami lakukan ini untuk mewujudkan situasi Kabupaten Demak yang kondusif,” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa, personel yang bertugas mengamankan malam takbir patut berbangga diri. Menurutnya, mereka telah melakukan suatu tugas yang mulia dengan mengamankan jalannya Lebaran 2024.

“Besok kita langsung melakukan pengamanan sholat Idul Fitri. Kita harus berbangga di saat teman yang lain pulang mudik, kita masih berdiri tegak mengamankan masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Purbaya menegaskan kepada masyarakat tidak perlu khawatir dalam menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini. Polisi akan melakukan pengamanan ketat dan memberikan jaminan keamanan Kabupaten Demak.

“Masyarakat tetap tenang, harus merayakan hari raya dengan gembira dan riang. Kami menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat di hari raya Idul Fitri 1445 H ini,” pungkasnya. (Red/Munthohar/Ershi).

Berita Lainnya