BSMSS TA 2023 Kodim 0614/Kota Cirebon Resmi Dibuka

Kota Cirebon – koranprogresif.co.id – Kodim 0614/Kota Cirebon menggelar kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TA. 2023 di RW Kampung Sumurwuni Kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti, Kamis (30/11/23).

BSMSS tersebut resmi dibuka Plt Walikota Cirebon Eti Herawati bersama Komandan Kodim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah.

Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Robil Syaifullah mengucapkan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berperan dalam hal ini, sehingga dapat terselenggara kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa TA. 2023 di kampung Benda Kerep Kelurahan Argasunya.

Dijelaskan Dandim, Bakti TNI dalam kaitannya dengan program BSMSS ini juga merupakan perwujudan darma bakti di jajaran Kodam III/SLW, sebagai alat pertahanan Negara dengan mendayagunakan kemampuan TNI bersama-sama instansi pemerintah daerah terkait dan komponen Bangsa lainnya dalam rangka tugas operasi militer selain perang (OMSP) guna membantu pemerintah memberdayakan wilayah.

Bakti Siliwangi Manunggal satata sariksa dilaksanakan setiap tahun anggaran oleh satuan jajaran Kodam III/SLW, di wilayah Jawa Barat dan Banten yang disesuaikan dengan kondisi daerah dan kemampuan satuan.

“Ini guna membantu kesulitan Masyarakat di sekitar dan memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan rakyat dilaksanakan secara terpadu serta melibatkan seluruh komponen Masyarakat, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan untuk mewujudkan ketahanan wilayah,” ujarnya.

Tujuan dilaksanakan BSMSS antara lain guna membantu Pemkot Cirebon untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan infrastruktur fasilitas umum fasilitas sosial Masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Plt. Walikota Cirebon Dra. H. Ety Herawati, M.AP mengatakan kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) ini adalah bentuk manunggalnya Rakyat Jawa Barat khususnya warga kelurahan Argasunya Kecamatan Harjamukti Kota Cirebon dengan tentara Nasional Indonesia (TNI) sebab TNI sejatinya lahir dari rahim Masyarakat.

“Kegiatan Bakti Siliwangi Menunggal Satata Sariksa (BSMSS) merupakan sarana untuk memupuk dan menumbuh kembangkan persatuan, solidaritas sosial, kekompakan dan semangat bergotong-royong, antara unsur pemerintah daerah, TNI dan warga Masyarakat dalam mengatasi berbagai permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

“Pemerintah Daerah Kota Cirebon akan terus memfasilitasi pelaksanaannya melalui Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa yang dilaksanakan secara berkesinambungan,” jelasnya.

Pada Kegiatan BSMSS di Kelurahan Argasunya, Kecamatan Harjamukti hari ini terdiri dari, Pengaspalan jalan di RT.04 RW.07Sumurwuni, Rehab rumah tidak layak huni 1 unit, Penyuluhan kepada masyarakat dengan materi wawasan kebangsaan pencegahan stunting dan peran serta Masyarakat dalam pengamanan wilayah. “tuturnya”

Pada pelaksanaan pembukaan BSMSS tersebut juga diisi dengan acara penyerahan secara simbolis dari Baznas Kota Cirebon kepada Dandim 0614/Kota Cirebon untuk pelaksanaan Bedah Rumah, penyerahan peralatan kerja, pembagian sembako di lanjutkan dengan peninjauan lokasi pelaksanaan BSMSS.

Berita Lainnya