BINA GENERASI MUDA YANG BERORIENTASI KEBAHARIAN, TNI AL GELAR APEL GABUNGAN PRAMUKA SAKA BAHARI

Jakarta – koranprogresif.co.id – Dalam rangka membina generasi muda yang berorientasi kebaharian/kelautan, TNI Angkatan Laut (TNI AL) menggelar Apel Gabungan Pramuka Saka Bahari Tahun 2024 bertempat di Lapangan Apel Dispotmaral, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (28/02).

Apel yang mengangkat tema “TNI Angkatan Laut Menyelenggarakan Pembinaan Saka Bahari Tingkat Nasional TA 2024 Untuk Mewujudkan Sumber Daya Manusia Yang Profesional dan Proporsional Untuk Meningkatkan Cinta Tanah Air, Bela Negara, dan Persatuan Bangsa” ini dipimpin oleh Wakil Asisten Potensi Maritim (Waaspotmar) Kasal, Laksamana Pertama (Laksma) TNI Deny Septiana, S.IP, M.A.P mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali yang diikuti secara tatap muka dan video conference (Vicon) oleh Pramuka Saka Bahari di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun tujuan dari pelaksanaan Apel Gabungan yakni menyamakan persepsi dalam membina dan mengembangkan Saka Bahari dalam meningkatkan semangat bela negara, cinta tanah air yang berwawasan kebangsaan sebagai pedoman bagi kwartir Gerakan Pramuka Saka Bahari khususnya di Lantamal/Lanal/Posal serta gugus depan gerakan Pramuka agar dapat membangun sinergitas serta mobilisasi Saka Bahari untuk ikut dalam menjaga dan mempertahankan NKRI.

Lebih lanjut, pelatihan ini dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut yang tidak hanya berlatih di tempat, namun juga meliputi Pelayaran guna menanamkan cinta akan laut Indonesia.

Waaspotmar Kasal menyampaikan bahwa, negara ini adalah negara maritim yang harus melibatkan semua unsur komponen bangsa ini. Oleh karena itu, dengan digelarnya Apel Gabungan Pramuka Saka Bahari ini diharapkan dapat meningkatkan semangat bagi anggota Saka Bahari karena merupakan generasi muda penerus Bangsa Indonesia.

“Adik-adik Pramuka Saka Bahari merupakan Komponen Cadangan yang harus disiapkan sebagai penerus bangsa yang kelak akan menjadi andalan bagi negara untuk menghadapi semua kemungkinan yang terjadi di kemudian hari,” ujar Waaspotmar Kasal.

“Meskipun dalam keadaan hujan, adik-adik Pramuka maupun Resimen Mahasiswa (Menwa) ini tetap menunjukkan semangat bahari yang luar biasa. Kami selaku pembina memberikan apresiasi yang tinggi kepada adik-adik ini,” tegasnya.

Kegiatan Apel Gabungan ini diikuti oleh 300 anggota Saka Bahari se-Jabodetabek meliputi Pimpinan Saka Bahari Kwarcab DKI Jakarta, Ketua Mabingus SMK Hang Tuah 1 dan 2 Jakarta, Ketua Mabingus SMK Dental Asisten Sekesal Jakarta, Ketua Mabingus SMAN 72 Jakarta, Ketua Mabingus SMA PGRI 12 Jakarta, Paguyuban Putra Putri Maritim (PPMI), Direktur Akademi Maritim Nasional Jakarta Raya, Direktur Akademi Maritim Djadajat Jakarta, Direktur Sekolah Tinggi Ilmu Maritim (STIMar) AMI serta Komenwa. Khusus peserta Saka Bahari yang berada diluar Jabodetabek mengikuti kegiatan secara secara Vicon/daring. (Red).

Berita Lainnya