BELAJAR MENJADI PRESENTER, “SRIKANDI KOWAL KOLINLAMIL” TAMPIL MEMUKAU

Mitra TNI86 views

Jakarta – koranprogresif.co.id, 29 Februari 2024 – Dinas Penerangan sebagai pelaksana dalam menyampaikan informasi secara cepat dan tepat tentang TNI Angkatan Laut khususnya Kolinlamil kepada masyarakat, menuntut personel memiliki kemampuan public speaking yang profesional dalam melatih sumber daya manusia yang unggul. Terkait dengan hal tersebut Dinas Penerangan Kolinlamil menghadirkan Instruktur dari Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Letda Laut (S/W) Grace Dova yang sehari-hari menjabat sebagai Penyiar 2 Subdis Mulmed dan Konop, Kamis (29/2) untuk memberikan materi dan praktek pengajaran presenter kepada srikandi-srikandi laut Kolinlamil bertempat di Media Center Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dihadapan para peserta, Instruktur berbagi pengalaman tentang Performa Presenter TNI AL termasuk didalamnya melihat perbandingan dari media nasional yang terjun dalam industri pertelevisian sehingga bisa menjadi motivasi bagi presenter Kolinlamil dalam menyampaikan informasi. Latihan kemudian dilanjutkan dengan pemahaman tahapan-tahapan melakukan reportase dan stage act serta bagaimana membangun kepercayaan diri dalam berbicara didepan kamera yang merupakan hal penting yang wajib dimiliki seorang reporter untuk bisa berbicara didepan khalayak.

Sejatinya pelatihan reporter ini bertujuan untuk menyamakan persepsi bahwa para presenter ini akan mewakili gambaran seorang presenter yang mampu secara humanis menampilkan pemberitaan TNI AL dengan baik. Presenter yang profesional harus dapat menguasai empat elemen dasar dan satu elemen utama yakni mempunyai kemampuan interpersonal, improvisasi, kepercayaan yang tinggi dan berpenampilan menarik serta satu elemen utama yakni teknik vokal untuk menyampaikan berita dengan artikulasi yang jelas dengan penekanan-penekanan yang cukup baik.

Kadispen Kolinlamil Kolonel Laut (KH) Drs. Lie Lie Soeprijatna, M.M yang mengikuti jalannya praktek mengatakan presenter yang baik adalah seorang presenter yang mampu mengintegrasi kemampuan interpersonalnya dan mampu melaksanakan improvisasi hingga saat melaksanakan kegiatan liputan. Sementara untuk elemen kepercayaan diri yang tinggi dan berpenampilan menarik adalah hal yang saling berkaitan sebagai pendukung antar elemen. “Saya berharap, pelatihan ini dapat mengisi sekaligus menjawab harapan pimpinan dalam membekali para Kowal Kolinlamil dalam membangun citra positif TNI AL terkhususnya Kolinlamil” pungkas Kadispen Kolinlamil.

(Red)

Berita Lainnya