Bakti TNI Bersama Warga Gotong – Royong Bersihkan Sampah di Sungai Jamus

Demak – koranprogresif.co.id – Kegiatan kerja bakti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716/Demak, Sertu Saswito bersama warga masyarakat Desa Jamus Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak patut diapresiasi, Senin (27/12/2021).

Pasalnya, tanpa harus menunggu waktu bersama warga melaksanakan gotongroyong dengan terjun langsung membersihkan sampah dan kayu yang menutup pintu utama saluran irigasi induk sehingga pada saat hujan mengakibatkan air masuk ke pemukiman warga karena banyaknya sampah dan kayu yang menumpuk.

Selain itu, dengan adanya gotong-royong tersebut, juga dapat meningkatkan hubungan silaturahmi dan kerjasama yang baik antara Babinsa dan warga binaannya.

“Gotong-royong ini bertujuan untuk membersihkan sampah yang menyumbat aliran sungai, sehingga arus air menjadi tersumbat. Juga menghimbau warga untuk selalu mejaga kebersihan lingkungan, salah satunya dengan tidak membuang sampah disungai, ungkap Sertu Saswito.

Ditempat terpisah, Dandim 0716/Demak, Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo melalui Danramil 12/Mranggen, Kapten Arm Sukartiyo mengatakan, lokasi gotong-royong itu memang sepatutnya dibersihkan. Sebab, itu akan menghambat aliran air sungai sehingga air akan masuk ke pemukiman warga.

“Sudah kewajiban TNI khususnya selaku Babinsa untuk aktif di wilayah dan terjun langsung dalam setiap kegiatan guna memajukan daerah binaan,” ujar Danramil.

Hal tersebut, juga kata dia, merupakan ajang Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga. Agar, dapat lebih mempererat kerjasama dan silaturahmi bersama masyarakat.

“Disini, kita juga sekaligus memberikan imbauan tentang disiplin protokol kesehatan. Dan kami minta pada kerja bakti ini tetap memperhatikan protokol kesehatan. Warga kami imbau pakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan,” ucapnya. (Red/Pendim 0716/Demak).

Berita Lainnya