Babinsa Tlogoboyo Dampingi Puskesmas Bonang 1, Tracking Contact Warga Positif Covid-19

Demak – koranprogresif.co.id – Petugas Puskesmas Bonang 1 didampingi Babinsa Tlogoboyo Koramil 02/Bonang, Kodim 0716/Demak, Sertu Sutopo, Bhabinkamtibmas Polsek Bonang, Bripka Arif Lukito dan perangkat Desa Tlogoboyo melaksanakan tracking contact warga yang terkonfirmasi positif Covid-19, Rabu (23/02/2022).

Kali ini, tracking (pelacakan) dilaksanakan kepada Slh (35), warga RT 06/01 Desa Tlogoboyo yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 melalui swab antigen beberapa hari lalu. Slh (35) saat ini sedang melaksakan isolasi mandiri di rumah.

Menurut Bidan setempat Ibu Rizky, yang juga ikut dalam tracking menyebut, penularan Covid-19 yang mudah menular melalui droplet atau percikan partikel liur dari batuk, bersin atau saat berbicara, sehingga kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus memungkinkan penyebaran.

“Yang dekat dengan orang terinfeksi inilah yang berpotensi menyebarkan lagi virus saat berada di kerumunan. Sebab tak jarang di antara mereka bahkan tak menyadari telah membawa virus di tubuhnya. Untuk itu, kita laksanakan upaya mengendalikan pergerakan orang yang sudah berpotensi tertular virus Covid-19 dengan tracking contact,” jelasnya.

Setelah dilakukan pendataan, terdapat 4 orang keluarga dari Slh (35) yang tinggal serumah. Mereka diminta untuk melaksanakan isolasi mandiri, hingga petugas Puskesmas Bonang 1 datang untuk melakukan tes swab.

“Kita akan upayakan untuk segera melaksanakan swab kepada pasien sekeluarga sesegera mungkin, agar mata rantai penyebaran virus benar-benar dapat diputus. Dan apabila selama isoman mengalami gejala atau sakit, segera hubungi Puskesmas Bonang 1,” tandasnya.

Sementara itu, Babinsa Sertu Sutopo berharap, keluarga pasien Covid-19 tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 5M. Dan diupayakan untuk melakukan isoman dengan benar.

Selain itu, juga dilakukan penyemprotan disinfektan disekitar lokasi rumah pasien, guna menghentikan laju penyebaran virus.

“Yang bersangkutan beserta keluarga yang tinggal serumah kami tekankan untuk melaksanakan isolasi mandiri, tidak keluar rumah sementara waktu. Dan juga kepada perangkat dan warga sekitar, ayo bantu mereka untuk kembali pulih, dengan memberikan semangat baik moril maupun spirituil,” ujarnya.

Melalui tarcking contact atau penelusuran kontak ini, diharapkan dapat mengendalikan laju penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kecamatan Bonang, khususnya Desa Tlogoboyo dengan memutus mata rantai penyebaran virus. (Red/Pendim 0716).

Berita Lainnya