Babinsa Koramil 0806/08 Karangan Bersinergi Dengan Dinas Peternakan Melaksanakan Pemeriksaan dan Vaksinasi Hewan Ternak

Trenggalek – koranprogresif.co.id – Guna mengantisipasi dan pencegahan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), Babinsa Koramil 0806/08 Karangan Serda Yasak jajaran Kodim 0806/Trenggalek terus bersinergi dengan Bhabinkamtibmas Polsek Karangan dan Dinas Peternakan Trenggalek untuk melakukan pemeriksaan dan pemberian vaksin hewan ternak milik warga Desa Kedungsigit, Kecamatan Karangan, Kabupaten Trenggalek, Senin (05/09/2022).

Dalam kesempatan ini, Serda Yasak mengatakan, Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan hewan ternak milik warga desa binaan. Hal ini dilakukan Babinsa sebagai langkah antisipasi dan pengawasan terhadap PMK yang menyerang hewan ternak.

“Kami bersama Bhabinkamtibmas terus bersinergi dengan Petugas Dinas Peternakan Trenggalek untuk terjun langsung ke lapangan memantau kesehatan dan pemberian vaksin hewan ternak milik warga binaan dengan tujuan untuk mencegah penyebaran virus PMK,” ujarnya.

Selain melakukan pemeriksaan dan pemberian vaksin hewan ternak, Serda Yasak juga selalu memberikan edukasi dan mengimbau kepada masyarakat pemilik ternak agar selalu menjaga kebersihan kendang. Hal ini dilakukannya sebagai upaya bersama untuk mencegah meluasnya virus PMK.

“Kami berharap kepada para peternak untuk selalu rajin membersihkan kotoran hewan yang ada di dalam kendang, sehingga kesehatan hewan ternak bisa terjaga dengan baik,” ucap Serda Yasak.

“Untuk meyakinkan kandang ternak terbebas dari penyebaran virus PMK, kami bersama tim pencegahan PMK juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kandang ternak milik warga,” pungkasnya. (Red).

Berita Lainnya