Babinsa Koramil 07/Johan Pahlawan Dampingi Petani Cek Pertumbuhan Tanaman Padi

 

Aceh Barat – koranprogresif.co.id, Babinsa Koramil 07/JP Kodim 0105/Abar Serda Muklis melaksanakan pendampingan dan pengecekan perkembangan ataupun pertumbuhan tanaman Padi pastikan tidak diserang hama Wereng di hamparan Sawah milik salah satu Petani yang berlokasi di Desa Rundeng Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu (17/2/2024)

Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa merupakan salah satu media untuk memberikan motivator agar para Petani terus bersemangat dalam merawat tanamannya. Upaya Babinsa ini adalah wujud bukti nyata dalam usah untuk menyukseskan program Ketahanan Pangan yang digaung – gaungkan oleh Pemerintah termasuk langkah konkrit mensejahterakan kehidupan Petani.

Di tengah hamparan Sawah, tampak Babinsa bersama Petani tidak hanya sebatas mengecek perkembangan dan tingkat kesuburan tanaman saja, melainkan juga sekaligus memonitoring keberadaan hama bahkan gulma agar bisa diatasi sejak dini terutama jenis Wereng.

Di lokasi berbeda, Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution melalui Danramil 07/JP Kapten Inf Herrinizal, S.Sos., menambahkan bahwa Babinsa sebagai Ujung Tombak teritorial di wilayah menindak lanjuti perintah dari Komando Atas untuk terus membantu memberikan dorongan dan spirit motivasi kepada para Petani agar tetap produktif bercocok tanam dengan memanfaatkan lahan Pertanian yang ada.

“Kegiatan pendampingan yang dilakukan oleh Babinsa sangat membantu Petani dalam merawat tanamannya, sehingga akan bermuara meningkatkan hasil produksi panen. Maka, dalam hal ini Babinsa akan selalu siap sedia membantu warga binaannya terlebih yang berkaitan dengan sektor Pertanian sebagai peningkatan Ketahanan Pangan di wilayah. Baik pada masa tahapan pengolahan lahan, pembibitan, perawatan, penanaman hingga pemanenan Babinsa dipastikan akan hadir”, terang Danramil

Lebih jauh, Danramil menuturkan, dari mulai pengecekan Bibit yang akan ditanam dan perawatan hingga sampai panen, selalu mendapat perhatian oleh Babinsa. Jika terjadi kendala atau hama yang menyerang maka sedini mungkin bisa di atasi sehingga pertumbuhan Padi tidak terhambat yang berdampak pada hasil panen kurang maksimal bahkan bisa gagal panen.

“Oleh sebab itu, Babinsa akan terus mengawal sampai tiba musim panen, sehingga program Pemerintah terkait Swasembada Pangan skala lokal akan tercapai. Dari hasil laporan Babinsa, alhamdulillah pertumbuhan tanaman masih dalam taraf normal dan jauh dari serangan hama”, pungkas Danramil.

(Red)

Berita Lainnya