Babinsa Koramil 04/Meureubo Serda Zainal Abidin Bantu Petani Panen Kangkung

Mitra TNI54 views

 

Aceh Barat – koranprogresif.co.id, Sayur mayur kini menjadi potensi yang dapat mendongkrak perekonomian warga. Oleh sebab itu, Babinsa Koramil 04/Mrb Kodim 0105/Abar Serda Zainal Abidin tanpa pamrih turun ke lahan pertanian guna membantu Petani binaannya yang tengah memetik hasil budidaya Kangkung di Desa Paya Peunaga Kecamatan Meureubo, Rabu (24/4/2024)

Kultur tanah Desa Paya Peunaga yang subur, membuat sebahagian Petani membudidayakan tanaman muda yang tidak hanya untuk dikonsumsi namun juga bisa dipasarkan guna menambah income pendapatan keluarga.

Salah satu komoditi sayuran yang ditaman ialah Kangkung serta jenis Palawija lainnya. Pasalnya, Sayuran merupakan sumber vitamin dan mineral. Vitamin yang terkandung dalam sayuran, seperti Vitamin A yang berasal dari Karotin berguna untuk kesehatan Panca Indera. Sementara kandungan Mineral, seperti zat besi sangat berguna untuk menjaga kadar Hemeglobin darah. Disamping itu, Sayuran juga merupakan sumber serat yang amat dibutuhkan bagi pencernaan.

Menyadari akan pentingnya manfaat dari Sayur mayur inilah, tak pelak membuat Serda Zainal Abidin tanpa mengenal rasa bosan mengajak dan memberikan pengertian kepada warga binaannya agar senantiasa memanfaatkan lahan tidur yang ada dengan bercocok tanam Sayuran.

“Hari ini Saya membantu Petani memanen Kangkung sebagai upaya kepedulian terhadap warga dalam memenuhi kebutuhan pangan. Hasilnya tidak hanya untuk dikonsumsi, namun dari budidaya Sayuran ini bisa juga menambah income tersendiri bagi para Petani yanki dengan cara dijual”, tutur Babinsa di sela – sela aktifitasnya

Hal senada juga diutarakan oleh Dandim 0105/Abar Letkol Inf Muhammad Syafii Nasution melalui Danramil 04/Mrb Kapten Inf Andika Trio Utama, S.H., yang mana Kangkung saat ini bukanlah Sayuran asing di tengah masyarakat. Bahkan Kangkung termasuk salah satu jenis Sayuran yang sangat populer di tempat – tempat kuliner.

“Kangkung jika dikelola dengan baik dan benar maka akan mengandung kualitas yang berkhasiat sebagai penetral racun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan, salah satunya berfungsi sebagai penenang (Sedatif). Untuk itu, kehadiran Babinsa semoga bisa memantik api semangat para Petani agar lebih geliat lagi dalam mengolah lahan Pertaniannya. Dengan demikian maka lahan yang produktif muaranya akan mensejahterakan Petani itu sendiri”, pungkas Danramil.

(Red)

Berita Lainnya