Babinsa Kodim 0802/Ponorogo Pendampingan Terhadap Prajurit Yang Sukses Ternak Domba 450 Ekor

Mitra TNI72 views

 

Ponorogo – koranprogresif.co.id – Adalah Peltu Bambang Purwanto, salah satu anggota Minvetcad Ponorogo yang saat ini sukses melakukan usaha ternak Kambing Domba di Dusun Gunting, Desa Suren, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, Jum’at (19/04/2024).

Adapun tempat tinggal Peltu Bambang Purwanto bersama keluarga sendiri berlokasi di Dusun Kaponan 3 Desa Kaponan, Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo, sehingga antara lokasi ternak Domba dan rumah tinggal berada di dua Desa yang berbeda.

Aktivitas peternakan Peltu Bambang Purwanto tersebut tentu tak lepas dari pantauan Babinsa Suren (Serda Andri Setiawan) serta Babinsa Kaponan (Serda Anur Dwi Bayu. P) dimana setiap saat keduanya selalu memantau perkembangan ternak milik anggota Minvetcad Ponorogo tersebut.

Serda Andri Setiawan yang setiap saat memantau perkembangan ternak milik Peltu Bambang Purwanto mengungkapkan rasa bangga dimana wilayah desa binaannya ada terdapat usaha ternak domba yang dikelola oleh anggota Minvetcad.

“Tentu kami ikut merasa bangga karena disamping sebagai upaya untuk menyukseskan program ketahanan pangan, ini juga sangat memotivasi terutama bagi diri saya untuk ikut atau mencontoh berbuat lebih kreatif,“ ujarnya.

Selanjutnya sesuai keterangan Serda Anur Dwi Bayu. P, selaku Babinsa Kaponan saat melakukan Komsos atau anjangsana dirumah Peltu Bambang Purwanto bahwa, kesuksesan tersebut diawali pada tahun 2021.

“Sesuai yang dikatakan Pak Bambang Purwanto bahwa, ternak kambing dimulai pada tahun 2021 dengan jumlah awal yaitu 80 ekor dan berkembang hingga 450 ekor dan saat ini tinggal 350 ekor karena dijual,“ ujarnya.

Dijelaskan bahwa, untuk memenuhi kebutuhan pakan, domba tersebut saat siang hari dilepas di hutan sekitar Dusun Gunting (Perbatasan Kecamatan Mlarak dengan Kecamatan Pulung) dan masuk kandang saat sore hari.

Dari ternak kambing tersebut, Peltu Bambang Purwanto mempekerjakan warga sebanyak 3 orang sehingga disamping bisa memberikan omset bagi keluarga juga bisa membantu ekonomi warga sekitar. (Red/MdC 0802).

Berita Lainnya