Asops Kasal: Latihan Adalah Sarana Meningkatkan Kemampuan Personel dan Mengukur Kesiapan Alutsista TNI AL

Jakarta – koranprogresif.co.id – Latihan adalah sarana untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan personel serta mengukur kesiapan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) TNI Angkatan Laut (TNI AL) agar siap digunakan untuk melaksanakan operasi, sehingga keberhasilan sebuah operasi sangat erat kaitannya dengan penyelenggaraan latihan.

Demikian kata Asisten Operasi (Asops) Kasal, Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto saat membuka Evaluasi Latihan TNI AL Semester II TA. 2021, bertempat di Selasar Denma Mabesal, Cilangkap Jakarta Timur, Kamis (23/12).

Kegiatan yang dihadiri oleh Wakil Asisten Operasi (Waasops) Kasal, Laksamana Pertama TNI Wasis Priyono, Kepala Dinas Operasi Angkatan Laut (Kadisopslatal), Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono, para Sekdis di lingkungan Mabesal, para Paban Sopsal, juga diiikuti secara virtual oleh para Asops Kotama dan Lantamal di seluruh Indonesia.

Laksda Dadi Hartanto mengatakan bahwa, kondisi pandemi Covid-19 yang masih terjadi bukan menjadi penghalang untuk melaksanakan latihan, namun harus dijadikan suatu motivasi untuk berinovasi agar tetap dapat mengasah serta meningkatkan kemampuan personel dan Alutsista TNI AL melalui latihan.

“Kepada seluruh Kotama dan peserta evaluasi latihan, manfaatkan forum ini untuk memecahkan berbagai permasalahan dan temuan yang terjadi dalam latihan-latihan sebelumnya agar tidak terulang di masa mendatang, saya harapkan penyelenggaraan latihan di tahun berikutnya dapat berjalan lebih optimal,” ungkap Asops Kasal.

Kegiatan Evaluasi Latihan TNI AL Semester II yang diikuti jajaran Sopsal ini sejalan dengan Prioritas Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono yaitu pembangunan sistem pembinaan kekuatan dan kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Adapun rangkaian kegiatan Evaluasi Latihan TNI AL Semester II yaitu, menerima laporan pelaksanaan latihan dari Kotama TNI AL beserta masukan dan sarannya untuk kegiatan latihan tahun 2023, Evaluasi tentang kegiatan Latihan Matra, Latihan Gabungan dan Latihan Bersama Semester II TA 2021 oleh Paban III Lat Sopsal, Kolonel Laut (P) Isswarto, serta penekanan dan masukan untuk kegiatan latihan TA 2022, serta evaluasi dan masukan saran dari Kasubdislat Disopslatal, Kolonel Laut (P) Nurlan tentang kegiatan latihan 2021 baik Latihan Matra maupun Latihan Bersama dan kendala yang dihadapi, serta memaparkan rencana kegiatan latihan TA 2022. (Red).

Berita Lainnya