Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan TPS, Ini Pesan Kapolres Metro Tangerang Kota

TNI Polri107 views

 

Tangerang – koranprogresif.co.id – Kepolisian Resor (Polres) Metro Tangerang Kota, Polda Metro Jaya menggelar apel pergeseran pasukan  Pengamanan TPS Pemilu 2024. Apel digelar H -2 jelang Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg), Senin (12/2/2024) sore WIB.

Hal ini sebagai langkah pengecekan akhir kesiapan personel Polri maupun personil pengamanan lainnya dalam menghadapi pengamanan pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2024.

Kegiatan berlangsung di lapangan Gedung Presisi Polres Metro Tangerang Kota Jalan Harapan III No. 51, Babakan, Kota Tangerang, Banten.

Apel pergeseran pasukan tersebut dipimpin Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho dan dihadiri oleh Pj Walikota Tangerang, Dandim 0506/TGR, Ketua KPUD Kota Tangerang, Bawaslu Kota Tangerang, Kepala Satpol PP Kota Tangerang, Pejabat Utama Polres dan unsur terkait lainnya.

Sebanyak 16.223 petugas pengamanan TPS dikerahkan. Terdiri dari sebanyak 1.212 personil Polri, 13.880 personil petugas ketertiban (Gastib) dari Linmas, 978 personil TNI dan selebihnya dari instansi pemerintah kota/kabupaten Tangerang Satpol PP, Dinkes, BPBD dan Dishub.

Dalam arahannya, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho mengatakan, Pemilu tahun 2024 adalah momentum bersejarah dalam perjalanan demokrasi bangsa indonesia. Seluruh personil gabungan yang terlibat ini untuk mengamankan kegiatan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dari segala potensi kerawanan yang akan timbul.

“Dari 6.940 TPS tersebar di 18 Kecamatan di Wilayah Hukum Polres Metro Tangerang Kota. Tercatat, ada 22 TPS yang masuk dalam indikator Rawan,6.903 TPS Kurang Rawan dan 15 TPS khusus,” kata Kapolres dalam keterangannya kepada awak media, Senin (12/2/2024).

Dalam amanahnya kepada seluruh petugas, Kapolres mengimbau agar selalu siap siaga mengamankan dan mengawal proses pemungutan hingga perhitungan suara agar dapat berjalan dengan aman, lancar dan damai. Lakukan koordinasi dan komunikasi bersama pengamanan lainnya dan seluruh stakeholder terkait, khususnya penyelenggara Pemilu KPU, PPK, PPS, KPPS maupun pengawas Pemilu.

“Jaga fisik dan kesehatan dimanapun saudara ditugaskan dalam mengamankan dan mengawal pemungutan dan perhitungan suara di TPS. Selalu berdo’a agar mendapat kelancaran dan kemudahan menjalankan tugas guna menjaga kondusifitas, kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia,” pesannya.

Sementara, Pj Walikota Tangerang, Nurdin mengatakan, secara keseluruhan, Pemkot Tangerang telah siap menyambut pelaksanaan Pemilu 2024 pada Rabu, 14 Februari 2024 mendatang.

“Kita sudah siaga semuanya, Termasuk petugas kesehatan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan. Seluruh Camat dan Lurah kita perintahkan selalu siap siaga, cepat bergerak dalam menjaga dan memberikan dukungan bilamana dibutuhkan. Termasuk BPBD untuk mengantisipasi bencana,” pungkas Nurdin. (Red).

Berita Lainnya