Anies Baswedan Melenggang ke Pilpres 2024

Opini1,669 views

Oleh Andrianto Andri

Jakarta – koranprogresif.co.id – Akhirnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) secara formal mendeklarasikan Capres Anies Baswedan. Suatu yang tidak mengejutkan publik. Jauh-jauh hari elite PKS dalam berbagai kesempatan menyatakan dukungan Capres kepada Anies.

Hal ini selaras dengan konstituen PKS yang terpotret dalam berbagai surveynya memilih Anies.

Buat PKS pilihan terhadap Anies lebih bersifat ideologis dan kepentingan masa depan PKS. PKS sudah teruji selama rezim Jokowi menjadi Oposisi yang konsisten. Posisi PKS yang bersebrangan secara ideologis dengan Rezim Jokowi dan penopang utamanya PDIP.

*Memang harus berlabuh ke Anies*

Karena Rezim Jokowi tidaklah mungkin mendukung Anies yang sulit di taklukan Oligarkhys. Sebagai Capres Anis tidak miliki perkara hukum dan kepentingan bisnis. Anies berlatar aktivis dan seorang pengajar.

Beda jauh dibandingkan seorang Ganjar Pranowo yang lama di DPR, sehingga rawan dugaan kasus.

Atau seorang Prabowo yang bagian dari Orba dan dari keluarga Pebisnis besar. Jadi PKS dengan Anies bagaikan tutup botol yang saling melengkapi.

Dengan perolehan PKS dari hasil pemilu 2019 yakni 11.493.667 suara (8,21%), hasil kursinya 50 (8,7%). Ditambah Nasdem 12.661.792 (9,05%) hasil kursi 59 (10,03%) yang lebih dahulu deklarasikan, maka sudah total 18,10 %. Ditambah pula Partai Demokrat hasil pemilu 10.876.057 (7,7%) hasil kursi 54 (9,3%).

Maka, Capres Anies Baswedan sudah total 28% melampaui syarat sah PT 20%. Ini berarti Anies menjadi kontestan pertama yang cukup syarat berlaga dalam Pilpres.

Buat rakyat suatu keuntungan bila jauh- jauh hari sudah miliki capres. Ada waktu untuk membedah track record dan visi seorang Capres.

Saya berkesimpulan Pilpres mendatang akan lebih dinamis karna Oligarkhys tidak sekokoh dulu mendukung Jagonya.

Akan muncul figur Capres yang wakili kepentingan rezim hari ini yakni Prabowo Subianto dan Capres yang mewakili kepentingan Rakyat yakni Anies Baswedan.

Dan Capres yang berada dalam bayang kedua kepentingan yakni Puan Maharani. Publik tinggal menanti formalnya PDIP mendeklrasikan Puan Maharani karna PDIP cukup penuhi syarat sendiri.

Jika sudah ada sosok Capres yang sudah penuhi syarat selain Anies, maka tertutup sudah hidden game para pihak yang mencoba makar konstitusi dengan Amandemen penundaan atau perpanjangan.

Karena akan berhadapan secara formal institusi resmi Partai Politik. Bagus buat rakyat yang tinggal setahun lagi sudah punya gambaran para Capresnya.

*Pengamat Kebangsaan*

Berita Lainnya